Bagaimana Memastikan Teknologi Digital Berfungsi Untuk Kepentingan Publik

oleh -21 views
IoT
Photo by Jorge Ramirez on Unsplash

ZETIZEN RADAR CIREBON – Internet of Things (IoT) benar-benar terjerat dalam kehidupan kita sehari-hari. Jaringan laptop, ponsel, mobil, pelacak kebugaran yang terhubung. Bahkan pemanggang roti dan lemari es yang cerdas — yang semakin mampu membuat keputusan sendiri. Tetapi bagaimana memastikan bahwa perangkat ini menguntungkan kita, daripada mengeksploitasi kita atau membahayakan kita?. Pekerjaan baru, yang di pimpin oleh Francine Berman di University of Massachusetts Amherst, mengusulkan kerangka kerja baru, “alam semesta dampak”. Yang dapat membantu pembuat kebijakan menjaga kepentingan publik tetap fokus di tengah serbuan untuk mengadopsi teknologi digital yang selalu baru. (Dheva)

“Bagaimana,” tanya Berman, Ketua Kehormatan Stuart Rice dan Profesor Riset di Manning College of Information and Computer Sciences (CICS) UMass Amherst, “. Dapatkah kita memastikan bahwa teknologi bekerja untuk kita, bukan sebaliknya?”. Berman, penulis utama makalah baru yang baru-baru ini di terbitkan di jurnal Patterns, dan rekan penulisnya membuat sketsa apa yang mereka sebut “impact universe” — sebuah cara bagi pembuat kebijakan dan pihak lain untuk berpikir “secara holistik tentang potensi dampak kontrol sosial bagi sistem dan perangkat di IoT.”

Salah satu keajaiban teknologi digital modern adalah semakin membuat keputusan untuk kita sendiri. Tapi, seperti yang dikatakan Berman, “teknologi membutuhkan pengawasan orang dewasa.”

Alam semesta dampak adalah cara untuk menggambarkan secara holistik semua implikasi yang bersaing dari teknologi tertentu. Dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial, ekonomi, dan lainnya untuk mengembangkan kebijakan, hukum, dan kontrol sosial lainnya yang efektif. Alih-alih berfokus pada satu hasil yang di inginkan, keberlanjutan, katakanlah, atau keuntungan, alam semesta dampak memungkinkan kita untuk melihat bahwa beberapa hasil akan datang dengan mengorbankan yang lain.

“Model ini mencerminkan kekacauan kehidupan nyata dan bagaimana kita membuat keputusan,” kata Berman. Tetapi model ini memberikan kejelasan pada kekacauan itu. Sehingga pembuat keputusan dapat melihat dan memperdebatkan pengorbanan dan manfaat dari kontrol sosial yang berbeda untuk mengatur teknologi. Kerangka kerja ini memungkinkan para pembuat keputusan untuk lebih berhati-hati dalam pembuatan kebijakan mereka. Dan untuk lebih fokus pada kebaikan bersama.

Berman berada di garis depan bidang baru yang disebut teknologi kepentingan publik (PIT). Dan dia membangun inisiatif di UMass Amherst yang menyatukan mahasiswa dan cendekiawan kampus yang karyanya di berdayakan oleh teknologi dan berfokus pada tanggung jawab sosial. Tujuan akhir PIT adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan pemikiran kritis yang di perlukan untuk menciptakan masyarakat yang mampu mengelola ekosistem digital secara efektif yang mendukung kehidupan kita sehari-hari.

Rekan penulis Berman, Emilia Cabrera, Ali Jebari dan Wassim Marrakchi, adalah mahasiswa sarjana Harvard dan bekerja dengan Berman di makalah selama Radcliffe Fellowship di Harvard. Persekutuan ini memberi Berman kesempatan untuk bekerja secara luas dengan sekelompok cendekiawan dan pemikir multidisiplin. Dan untuk menghargai pentingnya merancang, mengembangkan, dan membingkai kontrol masyarakat sehingga teknologi mempromosikan manfaat publik.

“Dunia nyata itu kompleks dan selalu ada prioritas yang bersaing,” kata Berman. “Menangani kompleksitas ini secara langsung dengan mempertimbangkan potensi dampak teknologi sangat penting jika kita ingin teknologi digital melayani masyarakat daripada membuatnya kewalahan.”

Sumber : Materi disediakan oleh University of Massachusetts Amherst.

Journal Reference:

  1. Francine Berman, Emilia Cabrera, Ali Jebari, Wassim Marrakchi. The impact universe—a framework for prioritizing the public interest in the Internet of ThingsPatterns, 2022; 3 (1): 100398 DOI: 10.1016/j.patter.2021.100398

Baca juga : Perangkat Lunak Menemukan Cara Terbaik Untuk Mendarat Di Mars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.