Tips Belajar Efektif dan Mudah Fokus

oleh -85 views
ef.co.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belajar efektif yaitu proses belajar yang mampu memberikan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu / kualitas yang lebih baik. Belajar bagi para siswa dan mahasiswa adalah sebuah kewajiban. Pelajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang baik artinya belajar yang dapat menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap maupun keterampilannya. Namun, apakah cara belajar kamu sebagai pelajar sudah efektif? Berikut tips belajar efektif and how to focus. (stna)

1. Buat suasana belajar yang nyaman

Tips belajar efektif yang pertama adalah bagaimana caramu membangun suasana belajar yang nyaman. Kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman dan tenang seperti di taman, di pinggir danau atau di ruang khusus belajarmu.

2. Hindari kebisingan

Dengan menghindari kebisingan, kamu akan mendapatkan suasana belajar yang nyaman dan dengan itu kamu akan lebih fokus dalam belajar. Jika di rumahmu cukup bising, kamu bisa meminta tolong orang rumah untuk mengecilkan suara mereka karena kamu ingin belajar.

3. Menyusun target belajar

Memiliki target waktu untuk menguasai materi pelajaran tertentu akan membuat kamu tertantang. Karena itu, susunlah jadwal dan bagi waktu belajar dengan baik. Jika berhasil mencapai target, berilah dirimu hadiah kecil misal membeli camilan favorit. Dengan self reward, akan timbul rasa puas di dalam diri sehingga terpacu menyelesaikan target belajar berikutnya.

4. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu

Metode ini di gunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif di gunakan dan otak akan mudah mengingatnya.

5. Menghafal tapi juga mengerti

Belajar efektif bukan dengan menghafal saja, tetapi kita juga harus mengerti suatu materi itu. Dengan mengerti suatu materi dan teorinya, maka dengan sendirinya akan kita ingat ketika ujian. Ketika belajar harus fokus agar kamu benar-benar paham dan ingat dengan materinya.

6. Belajar bersama

Belajar sering kali di lakukan seorang diri. Namun, beberapa orang lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Jika kamu adalah tipe ke dua maka carilah teman yang bisa di ajak diskusi. Dari proses diskusi, kamu bisa mendapatkan lebih banyak hal yang mungkin tak akan di dapatkan saat belajar secara mandiri.

7. Perbanyak latihan soal

Dengan memperbanyak latihan soal, kamu akan terlatih menjawab berbagai macam tipe soal yang berbeda. Latihan soal juga dapat membantumu mengetahui seberapa jauh kamu telah memahami suatu materi.

8. Buat rangkuman catatan

Membuat rangkuman dari materi yang sedang kamu pelajari cukup efektif, karena kamu hanya perlu menuliskan point-point yang menurutmu penting. Ketika kamu ingin membaca ulang materinya, kamu sudah punya catatan yang ringkas dan dapat mempersingkat waktu ketika membacanya.

Baca juga : Gaya Belajar : Mengenal Teknik Mencatat Cornell

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.