Tips Komunikasi Anti Miskom

oleh -32 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/vintage'>Vintage photo created by luis_molinero - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – komunikasi adalah salah satu aktivitas yang hampir terjadi setiap harinya. Hal itu menandakan bahwa komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita. (RF17)

Belakangan ini gua sering banget bicara sama orang yang menurut gua pesan yang dia sampaikan sulit untuk gua mengerti. Mulai dari nada bicaranya yang kurang jelas and then kecepatan bicara lawan bicara gua yang terlalu cepet.

Nah dari masalah gua alamin dari kemarin-kemarin. Gua pengen share tips komunikasi anti miskom buat kalian yang masih merasa masih kurang dalam skill berbicara.

Denger Lebih Banyak, Bicara lebih Sedikit

Lah bang katanya kita mau belajar bicara, kok malah jadi belajar mendengar”. Eitss sabar-sabar, buat kalian yang bertanya kenapa kita justru harus belajar ngedengerin daripada berbicara bakalan gua jelasin.

Kenapa ketika kita berinteraksi harus belajar ngendengerin, karena secara basicly kita ngobrol itu pasti lah ada lawan bicaranya, ya at least ada satu orang yang kita ajak bicara. Nah, karena kita itu bicara punya partner kita gak bisa menuntut hanya ingin didengar kadang lawan bicarapun ingin didengar pula. Dengan mendengarkan lawan bicara kita, itu sama aja artinya kita menunggu momen yang pas kapan dia siap untuk mendengarkan kita juga. Hal itu bisa terjadi karena lawan bicara kita sudah melepaskan beban dia, emosi dia, yang ada dalam kepala dia, Yang pada akhirnya pikiran dia lebih jernih dan lebih siap dalam menerima informasi yang akan kita sampein nantinya.

Baca Juga : Cara buat Konten yang Menarik

Jelas

Point pertama dan paling utama dalam komunikasi ya udah pasti kita harus jelas menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan. “ah bang gua kalau bicara jelas kok, dia nya aja yang dableg gak paham-paham”. Pertanyaannya yakin kalau pesan yang kalian sampein itu jelas? Dalam berkomunikasi sangat penting memperhatikan kejelasan dari pesan yang kita sampein.

Berkomunikasi bukan berarti kita hanya berbicara dengan mengeluarkan suara aja, ada beberapa intonasi yang harus kita perhatikan, ada penekan terhadap Critical point pada point tertentu.

Jangan anggap remeh ilmu berbicara, terkadang satu kalimat keluar dari bibir kita bisa mempengaruhi kehidupan kita kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.