10 Tanda Kalau Kamu Introvert

oleh -32 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Introvert merupakan salah satu dari tipe kepribadian. Tanda kalau kamu introvert yaitu cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal. (stna)

Seorang introvert lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya. Namun, mereka juga tidak masalah jika harus berada di dalam situasi sosial. Introvert adalah tipe kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Akan tetapi, sebenarnya setiap orang memiliki elemen introvert dan ekstrovert di dalam diri masing-masing. Perbedaannya, ada yang lebih di dominasi oleh kepribadian introvert, ada juga yang lebih di dominasi dengan karakteristik ekstrovert.

Mengetahui apakah kamu termasuk introvert atau ekstrovert bisa di bilang cukup penting. Karena selain bisa mengenal diri sendiri kamu bisa lebih efektif dalam mendapatkan dan memusatkan energi dengan cara yang tepat. Silakan simak 10 tanda kalau kamu introvert berikut ini.

Baca juga: Kepribadian Kita Berbeda! Kenapa Seperti Itu?

Ide cemerlang muncul saat sedang sendiri

Saat-saat menyendiri merupakan waktu yang paling produktif untuk orang introvert. Ketika sedang sendiri, orang dengan kepribadian introvert dapat mengolah pikirannya dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan ide-ide yang cemerlang. Umumnya, inspirasi akan datang saat sedang sendiri.

Lebih senang berpendapat dengan tulisan

Introvert umumnya lebih memilih untuk menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan dibandingkan dengan kata-kata. Orang dengan kepribadian introvert akan menyampaikan pendapatnya dengan hati-hati, sehingga menulis merupakan metode yang lebih aman dibandingkan dengan berbicara.

Berkumpul dengan banyak orang menguras energi

Apakah kamu pernah merasa lelah sehabis berkumpul dengan banyak orang? Atau pernah merasa perlu menyendiri untuk mengembalikan energi? Kedua hal tersebut sangat khas untuk kepribadian introvert. Orang-orang yang introvert, akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang. Sehingga, setelah selesai mereka akan merasa kelelahan. Meski begitu, bukan berarti orang yang berkepribadian introvert tidak dapat berinteraksi dengan orang lain, mereka hanya perlu me time untuk mengembalikan energi.

Jarang berpendapat jika tidak ditanya

Saat terlibat dalam diskusi, orang yang berkepribadian introvert cenderung menunggu seseorang bertanya kepadanya sebelum ia menyampaikan pendapat. Orang-orang yang berkepribadian introvert memang lebih suka menyimpan pandangannya untuk diri sendiri. Mereka akan membiarkan peserta diskusi lainnya untuk bebas menyampaikan pendapat.

Menikmati kesendirian

Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiannya.

Jika sedang ramai, jadi sulit fokus

Mengingat para introvert lebih suka menghabiskan waktu sendiri, mereka sering kali kewalahan jika harus berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang. Hal ini membuatnya sangat sulit untuk fokus dan berkonsentrasi saat harus melakukan sesuatu. Maka itu, jika merasa harus fokus, orang dengan kepribadian ini lebih senang jika bisa berada di tempat yang sepi dan tenang tanpa gangguan.

Circle pertemanan tidak terlalu besar

Salah satu kesalahpahaman yang dipercaya banyak orang adalah menganggap seorang introvert tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang yang introvert hanya lebih nyaman berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.