3 Hal yang Mengubah Keyakinan Menjadi Realita

oleh -33 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Buku-buku seperti The Secret dan The Power telah berkontribusi pada meningkatnya popularitas gagasan bahwa keinginan dapat dikabulkan melalui visualisasi dan pemikiran positif. Sementara klaim bahwa keyakinan menentukan kesehatan fisik, status keuangan, dan peluang kita untuk menemukan cinta jelas salah arah. Gagasan bahwa rasa yakin memiliki kekuatan memang memiliki validitas ilmiah. (herdi)

Ini hanya bekerja sedikit berbeda dari buku-buku seperti yang disarankan The Secret. Berikut adalah tiga cara bahwa keyakinan benar-benar dapat membentuk realitas Anda.

1. Keyakinan Anda memengaruhi perilaku Anda.

Salah satu cara paling mendasar agar keyakinan dapat membentuk realitas adalah melalui pengaruhnya terhadap perilaku—tidak diperlukan fisika kuantum. Keyakinan juga dapat mempengaruhi perilaku kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa orang lebih cenderung terlibat dalam perilaku yang meningkatkan kesehatan. Seperti makan dengan baik dan berolahraga jika mereka memiliki rasa efikasi diri yang lebih besar. Yaitu jika mereka percaya bahwa mereka mampu melakukan perilaku ini secara efektif.

Tetapi berpikir positif ada batasnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang lebih menjaga kesehatan mereka ketika mereka berpikir negatif sampai batas tertentu. Ketika mereka percaya bahwa mereka sebenarnya rentan terhadap penyakit serius.

2. Keyakinan Anda memengaruhi perilaku orang lain.

rasa keyakinan Anda dapat membentuk realitas Anda tidak hanya dengan memengaruhi perilaku Anda sendiri. Tetapi juga dengan memengaruhi perilaku orang lain, mulai dari pasangan dekat hingga orang asing.

Keyakinan Anda juga dapat menimbulkan perilaku yang sesuai dari pasangan romantis. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang melihat pasangan mereka dalam pandangan yang lebih ideal daripada pasangan mereka melihat diri mereka sendiri cenderung menjadi lebih puas dengan hubungan mereka dari waktu ke waktu. Mengalami lebih sedikit konflik, dan lebih mungkin untuk tetap bersama.

Mengapa ini bisa terjadi? Salah satu penjelasannya adalah bahwa para idealis menanamkan kepercayaan pada pasangan mereka dan mengurangi rasa tidak aman pasangan mereka tentang hubungan tersebut. Mitra yang lebih aman, pada gilirannya. Lebih cenderung berperilaku dengan cara yang murah hati dan konstruktif, mendorong kepuasan hubungan yang lebih besar.

3. Keyakinan Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Kesehatan dan penyakit dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berinteraksi, banyak di antaranya tidak sepenuhnya di bawah kendali Anda, termasuk genetika, paparan racun lingkungan, riwayat trauma, dan keadaan sosial ekonomi. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan juga penting.

Bagaimana Anda dapat memanfaatkan kekuatannya untuk meningkatkan kehidupan Anda? Pertama, Anda dapat terlibat dalam praktik yang mengubah cara berpikir Anda yang biasa. Seperti membuat jurnal rasa syukur atau belajar meditasi kesadaran.

Praktik-praktik ini dapat membantu Anda memperhatikan dan menghargai kebaikan dalam hidup dan mencegah Anda terjebak dalam pikiran negatif yang tidak konstruktif. Kedua, Anda dapat menetapkan niat yang jelas tentang bagaimana Anda ingin melakukan pendekatan setiap hari dan berusaha menyelaraskan perilaku Anda dengan niat tersebut.

Sumber: Psychologytoday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.