5 Tips Penting Ini Bisa Melatih Fokus Kamu!

oleh -49 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebenarnya, kita bisa melatih fokus itu sendiri. Banyak dari kita yang meremehkan hal yang satu ini. Dengan berpikir bisa masuk ke dalam mode fokus kapan pun, kita malah masuk jebakan klasik. Untuk bisa melatih fokus kamu, tentunya perlu cara yang tepat, inilah lima di antaranya. (az)

1. Membiasakan diri dengan rasa bosan

Dari pengalaman yang sulit untuk fokus. Kamu pasti mengira bahwa orang-orang yang sanggup berdiam diri dalam waktu yang lama untuk mengerjakan sesuatu adalah hal yang langka.

Kemampuan untuk fokus bisa dilakukan semua orang. Jika dalam situasi yang ideal, dan latihan yang tepat. Berlatih untuk fokus ternyata tidak ada bedanya dengan latihan otot fisik yang sering kita lakukan lho!

Hal yang paling penting dalam melatih fokus adalah, kamu harus bersiap untuk kebosanan yang akan melanda. Seperti mengangkat beban, kamu harus melakukan fokus secara berulang-ulang untuk membiasakan diri dengan rasa bosan, karena hal itu tidak dapat terhindarkan.

2. Lakukan hal yang paling memerlukan fokus di awal hari

Waktu yang paling ideal dalam melatih fokus adalah pada awal waktu. Ketika pikiran belum terpecah belah akibat berbagai kegiatan pada jam sibuk. Ketika memaksa untuk fokus pada hal penting di luar pekerjaan pada jam sibuk. Kamu pasti merasa seperti bukan seseorang yang bisa mengerjakan satu tugas dalam satu waktu.

Sesungguhnya, kamu tidak berbeda dari orang lain yang bisa secara konsisten fokus dalam mengerjakan tugas. Hanya saja kamu belum menemukan waktu yang tepat. Cobalah mengosongkan waktu di pagi hari untuk melatih diri kamu. Setengah jam setiap hari juga cukup bagi otak agar terbiasa melakukannya.

3. Rutinitas yang paling tepat untuk melatih fokus

Melatih fokus bagi seseorang yang terbiasa mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu adalah hal yang tidak mudah. Kamu perlu menguji mental kamu untuk fokus agar terbiasa, tetapi juga jangan terlalu memaksakan diri dengan memasang target yang terlalu berat. Karena hal itu bisa membuat kamu merasa tidak akan mampu untuk fokus, dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

Waktu ideal bagi pemula adalah, dengan meluangkan 30 menit sehari untuk fokus dengan intensitas tinggi agar otak kamu terbiasa. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengatur waktu lebih tinggi untuk fokus, tapi ingat, jangan terlalu memaksakan diri.

4. Menggunakan waktu luang untuk mencari ide

Untuk bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas, kamu tentu harus mengetahui dulu tugas apa yang harus dilakukan. Karena jika tidak, kamu akan pusing mencari berbagai ide-ide tugas yang akan dikerjakan. Dengan pikiran yang sudah kacau seperti itu, tentu otak kita tidak akan optimal mengerjakan sesuatu secara fokus.

Mungkin hal ini terdengar sangat sepele. Tapi banyak orang yang terjebak secara tidak sadar. Maka dari itu tentukanlah tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu, setidaknya sehari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa memakai otak kamu untuk berkonsentrasi tinggi secara efisien.

5. Mengatur prioritas

Di dunia yang serba instan seperti sekarang, pikiran kita selalu dipenuhi dengan informasi. Hasilnya, kemampuan untuk fokus berkurang secara drastis. Padahal, hal itu sangat penting bagi kesuksesan seseorang.

Untuk sukses dalam suatu hal, hendaknya diperlukan waktu yang tidak sedikit, dan proses yang dibutuhkan meliputi fokus yang tidak mudah terdistraksi oleh hal lain di luar daripada apa yang kamu kerjakan. Maka dari itu, batasi pilihan kamu dalam meraih tujuan dalam hidup. Tulis prioritas hal-hal yang ingin dicapai, dan lakukan yang paling penting bagi kamu.

Cara terbaik untuk melakukannya, terutama bagi pemula adalah, mulailah dari hal yang kecil. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari stres karena memasang target tinggi untuk fokus, tetapi tidak memiliki cara yang baik untuk memulainya.

Sumber: idntimes.com

Baca juga: Cara Untuk Tetap Fokus Saat Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.