5 Tokoh Psikologi yang Terkenal Sepanjang Sejarah

oleh -196 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Psikologi adalah ilmu yang relatif muda, terutama jika di bandingkan dengan mata pelajaran seperti fisika dan biologi. Meskipun masih muda, ia memiliki banyak segi dan bidang studi yang berbeda. Daftar ini adalah kompilasi psikolog yang memberikan kontribusi luar biasa pada studi psikologi yang masih relevan hingga saat ini. Berikut adalah 5 tokoh dalam psikologi yang terkenal. (herdi)

Baca Juga: Sports Psychology! Studi Psikologi di Bidang Olahraga

Sigmund Freud (1856-1939)

Gambar: Sigmund Freud

Tidak ada satu pun tokoh dalam psikologi yang setenar Sigmund Freud dari Austria. Dia adalah bapak psikologi psikoanalitik dan orang pertama yang menyelidiki proses pikiran bawah sadar. Freud di anggap telah menemukan terapi bicara.

Dia berhipotesis bahwa struktur pikiran terdiri dari id, ego, dan superego. Ia juga menjelaskan proses transferensi dan memperkenalkan konsep mekanisme pertahanan. Dia adalah orang pertama yang berteori tentang perkembangan manusia dengan postulatnya tentang tahap psikoseksual. Meskipun banyak relevansinya telah di kurangi oleh gelombang teknik perilaku kognitif, karyanya mengatur panggung untuk semua psikoterapi.

Wilhelm Wundt (1832-1920)

Gaambar: Wilhelm Wundt

Wilhelm Wundt sebagian besar di kreditkan dengan menjadikan tokoh dalam psikologi sebagai ilmu yang terpisah. Psikolog Jerman menulis buku teks psikologi pertama pada tahun 1874, Prinsip Psikologi Fisiologis. Pada tahun 1879, Wundt membuka Institut Psikologi Eksperimental di Universitas Leipzig. Dengan melakukan itu, ia menciptakan laboratorium pertama yang menyelidiki fenomena psikologis semata.

Sebelum ciptaannya, psikologi telah di masukkan di bawah mata pelajaran filsafat dan biologi. Wundt adalah tokoh pertama yang mengoperasionalkan proses pemeriksaan diri, juga di kenal sebagai introspeksi, untuk penggunaan eksperimental.

Kurt Lewin (1890-1947)

Gambar: Kurt Lewin

Lewin di kenal sebagai bapak psikologi sosial modern terutama karena penggunaan eksperimennya untuk mempelajari perilaku manusia. Dia mengambil sikap baru dalam perdebatan alam vs memelihara. Teori lapangannya mengemukakan bahwa interaksi antara seseorang dan lingkungannya yang membentuk kepribadian manusia.

Dia adalah salah satu orang pertama yang mempelajari gaya kepemimpinan organisasi dan interaksi kelompok. Memang, ia menciptakan ungkapan “dinamika kelompok”. Bidang psikologi Industri / Organisasi sebagian besar keluar dari teorinya. Mungkin yang paling penting, “pelatihan kepekaan”-nya di gunakan untuk memerangi prasangka rasial dan agama jauh sebelum gerakan hak-hak sipil.

Jean Piaget (1896-1980)

Gambar: Jean Piaget

Piaget mengembangkan teori pertama perkembangan kognitif anak. Pada saat itu terobosan. Sebelum karyanya, anak-anak di yakini berbagi proses kognitif orang dewasa. Teorinya secara langsung mengarah pada munculnya psikologi kognitif dan perkembangan. Dia percaya perkembangan kognitif adalah proses aktif, bukan sesuatu yang di peroleh anak-anak secara pasif. Piaget menciptakan frase psikologis populer skema, akomodasi, dan asimilasi.

Carl Rogers (1902-1987)

Gambar: Carl Rogers

Terapi berpusat pada tokoh dalam psikologi satu ini mengantarkan cara baru dalam memandang hubungan terapis-klien. Dia menentang batas-batas psikoanalisis dan behaviorisme dan malah menyuarakan pentingnya interaksi antara terapis dan klien. Rogers percaya memiliki penghargaan positif tanpa syarat untuk klien yang menandakan munculnya psikologi positif. Dia adalah salah satu pelopor gerakan psikologi humanistik dan percaya, seperti Abraham Maslow, bahwa orang berusaha menuju aktualisasi diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.