6 Buah-Buahan yang Dapat Tingkatkan Mental Health

oleh -37 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kesehatan mental hanya mengacu pada kognitif, perilaku, dan kesejahteraan emosional manusia. Ini semua tentang bagaimana orang berpikir, merasa, dan berperilaku. Banyak cara untuk meningkatkan kesehatan mental, salah satunya yaitu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. (herdi)

Kesehatan mental yang lebih baik diterjemahkan menjadi kemampuan seseorang untuk menikmati hidup, ini melibatkan keseimbangan antara aktivitas hidup, tanggung jawab, dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis.

Buah-buahan mengandung banyak mineral, vitamin, dan serat yang kita butuhkan untuk menjaga kita tetap sehat secara fisik dan mental.

Beberapa Nutrisi penting yang ditemukan dalam buah-buahan penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan semangat plus meningkatkan tingkat kebahagiaan secara keseluruhan. Nutrisi ini sangat penting untuk struktur dan fungsi otak, sehingga berpotensi berdampak besar pada kesehatan mental.

1.      Pisang

Buah pisang adalah pengubah suasana hati terbaik, mereka kaya akan vitamin B6, yang membantu mensintesis neurotransmiter yang membuat Anda merasa baik seperti dopamin dan serotonin. Pisang juga mengandung serotonin yang merupakan hormon kunci yang menstabilkan suasana hati, perasaan sejahtera, dan kebahagiaan kita. Hormon ini mempengaruhi seluruh tubuh kita.

2.      Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di bumi, Jeruk juga merupakan sumber serat yang baik, vitamin B, vitamin A, kalsium, dan kalium tetapi sebagian besar di kenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Tingkat folat yang tinggi meningkatkan kemanjuran obat antidepresan. Hesperidin memiliki keuntungan tambahan, seperti mencegah gangguan neurodegeneratif. Karena kadar tiamin yang rendah terkait dengan demensia, peningkatan konsentrasi tiamin dalam jeruk dapat memberikan keuntungan yang serupa.

3.      Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah-buahan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan juga mengandung hampir 20 vitamin dan mineral seperti vitamin B6, C, E, K, folat, magnesium, lutein, dan potasium.

Vitamin B6 yang di kandungnya membantu tubuh membuat beberapa neurotransmiter, termasuk serotonin, yang memengaruhi suasana hati. Vitamin B yang di hasilkannya yaitu tiamin, riboflavin, dan niasin adalah vitamin yang memiliki efek menguntungkan pada sistem saraf.

4.      Aprikot

Buah aprikot adalah sumber asam lemak Omega 3 yang terbukti efektif dalam menangani masalah kesehatan mental seperti episode bipolar, gangguan kejiwaan, dan suasana hati yang berfluktuasi.

buah ini juga tinggi triptofan, asam amino yang di ubah tubuh menjadi serotonin, neurotransmitter yang membuat Anda merasa baik. Bahan kimia otak ini meningkatkan suasana hati Anda dengan membuat Anda merasa lebih optimis, meningkatkan harga diri Anda, dan bahkan membantu Anda mengendalikan perilaku impulsif.

Ini juga membantu tidur malam yang nyenyak. Jika perlu, beberapa triptofan di ubah menjadi niasin atau vitamin B3.

5.      Lemon

Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, antioksidan kuat. Setetes lemon dalam air Anda memiliki daftar panjang manfaat kesehatan, terutama mempersiapkan suasana hati Anda dan membebaskan Anda dari depresi dan stres. Lemon kaya akan vitamin C (hampir sebanyak jeruk), zat yang telah terbukti mengurangi kadar hormon stres.

6.      Jambu biji

Jambu biji sangat kaya akan vitamin A dan C, Anda akan merasakan perubahan signifikan dalam suasana hati Anda karena vitamin C yang di temukan dalam jambu biji, yang menciptakan noradrenalin. Buah ini juga mengandung banyak magnesium, yang dapat membantu Anda merasa kurang cemas dan lebih bahagia.

Sumber: Afrifoodnetwork

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.