8 Motivasi Belajar Buat Kamu yang Jenuh PJJ

oleh -35 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Melihat kasus Covid-19 yang masih belum selesai dan mungkin akan meledak lagi di masa depan. Para murid yang telah siap untuk belejar di lingkungan sekolah berkemungkinan besar akan kembali melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). wajar saja motivasi belajar yang awalnya tinggi tiba tiba menghilang begitu saja karena kabar ini. (herdi)

Baca Juga: Tips Belajar Efektif dan Mudah Fokus

Ketika sekolah menangani logistik untuk menyediakan lingkungan yang aman, orang tua secara alami cemas tentang faktor risiko yang terlibat dalam mengirim anak-anak kembali ke sekolah, dan efek merugikan dari tidak mengirim mereka kembali. Untuk masa mendatang, sebagian besar siswa akan melakukan setidaknya beberapa studi mereka secara online dan dari rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu siswa Anda tetap termotivasi:

1. Buat jadwal

Dorong siswa untuk merencanakan ke depan menggunakan kalender dan menyusun jadwal belajar untuk membantu mereka memprioritaskan dan tetap pada jalurnya. Tip: simpan daftar ‘yang harus dilakukan’ — menandai item yang sudah selesai menciptakan rasa pencapaian dan kemajuan.

2. Beristirahatlah secara teratur

Sering istirahat untuk berdiri, berjalan-jalan, meregangkan badan, atau sekadar membuka jendela untuk mencari udara segar akan menjaga produktivitas tetap tinggi. Tip: lihat ‘metode Pomodoro’ untuk membantu tetap fokus; alat manajemen waktu ini membagi studi/pekerjaan menjadi interval 20-25 menit, dipisahkan dengan istirahat pendek 3-5 menit. Ada beberapa aplikasi ponsel hebat yang tersedia untuk ini.

3. Miliki zona belajar yang ditentukan

Penting bagi siswa untuk membuat area belajar khusus di suatu tempat di rumah. Tips: temukan ruang yang tenang, dengan gangguan minimal dan jaga agar tetap rapi dan rapi (ini akan membantu Anda merasa lebih teratur).

4. Minta bantuan

Sangat penting bagi siswa untuk tetap berhubungan dengan guru/dosen mereka. Kiat: ajukan pertanyaan, libatkan, minta bantuan jika Anda merasa tertinggal atau kesulitan mendapatkan motivasi.

5. Tetap terhubung

Saat ini, lebih penting dari sebelumnya untuk tetap terhubung. Tips: gunakan platform obrolan video untuk tetap berhubungan dengan teman sekelas, serta teman/keluarga. Bentuk kelompok belajar dengan siswa lain untuk mendiskusikan tugas, berbagi tips, ide, dan pengalaman.

6. Hindari multitasking

Sangat mudah untuk melakukan banyak tugas saat Anda bekerja/belajar dari rumah, terutama saat mendengarkan kelas atau kuliah online. Kiat: matikan ponsel Anda, lebih baik jauhkan dari jangkauan tangan, tutup halaman web yang tidak relevan di komputer Anda, dan buat catatan saat Anda mendengarkan.

7. Tetap sehat dan bugar

Lebih penting dari sebelumnya bagi kita semua untuk tetap sehat dengan sistem kekebalan yang kuat. Tips: tidur malam yang nyenyak, jadwalkan waktu untuk berolahraga (walaupun hanya berjalan-jalan), dan makan dengan sehat. Sediakan camilan sehat untuk menghindari makan sampah, dan meminimalkan perjalanan ke dapur.

8. Pertahankan sikap positif

Sangat mudah untuk merasa frustrasi dan merasa seperti hidup kita ‘ditahan’. Namun, penting untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa ‘ini juga akan berlalu.’ Kiat: hargai hal-hal kecil, latih perhatian penuh (sekali lagi, ada beberapa aplikasi hebat di luar sana) dan bersikap baik kepada diri sendiri dan orang lain.

Sumber: Schoolfinder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.