Anti Gagal! Ini Dia Tips Membuat Kue Cokelat

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa nih di antara kalian yang suka banget hidangan kue cokelat? Kue yang lembut dengan manis dari cokelat dijamin memuaskan kamu di saat ingin menyantap yang manis-manis. (az)

Bagi yang takut gagal membuatnya di rumah, kamu tak perlu khawatir. Meski tinggal diaduk dan dimasukkan ke panggangan, kamu tetap perlu memperhatikan tips berikut ini.

Berikut ini tips membuat kue cokelat dari Devina Hermawan yang ia bagikan melalui kanal Youtube-nya. Apa saja tipsnya? Yuk simak!

1. Aduk adonan dalam satu wadah 

Kue cokelat bisa dikreasikan dengan apa saja. Jika kamu sudah ahli dalam membuat kue ini, kamu bisa membuat banyak hidangan dessert karena dapat dikreasikan menjadi dessert box, kue ulang tahun, dan masih banyak lagi.

Tahap pertama untuk membuat kue cokelat yaitu dengan menambahkan buttermilk, telur, minyak, kopi, ekstrak vanila, bubuk kakao, gula, baking sodabaking powder, garam, dan tepung, lalu kocok hingga tercampur.

2. Pastikan telur menyatu dengan baik saat membuat adonan kue cokelat 

Kamu bisa mengocok adonan menggunakan mixer atau secara manual. Jika ingin dengan cara manual, kamu bisa menggunakan balloon whisk sebagai alat bantu mengaduk.

Pastikan telur sudah menyatu dengan adonan dengan baik. Setelah adonan menyatu, adonan bisa langsung dimasukkan ke dalam loyang yang dialasi kertas roti.

3. Campur susu dan cuka sebagai alternatif buttermilk

Penggunaan buttermilk akan memudahkan kamu dalam membuat cake. Adonan kue dapat langsung diaduk dan langsung dimasukkan ke dalam loyang untuk dipanggang.

Nah bagi kamu yang tidak mempunyai buttermilk, kamu bisa menggantinya dengan mencampur susu dan cuka ke dalam mangkuk. Susu akan mengental dan langsung bisa disatukan dengan adonan kue yang lainnya.

4. Panggang selama 40-45 menit di 175 derajat celsius 

Panggang adonan kue cokelat pada suhu 175-180 derajat selama 40-45 menit. Pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan.

Setelah dipanggang, pastikan kamu mengecek kematangannya dengan menusuk kue dengan tusuk sate. Tusuk sate akan bersih jika adonan telah matang.

Jika kue belum matang, tusuk sate akan terdapat adonan basah yang tertinggal.

5. Lepaskan kue dari cetakan setelah dingin

Setelah kue matang, keluarkan kue dari panggangan dan diamkan hingga suhu tidak panas. Hal ini untuk memudahkan kamu saat mengeluarkan kue dari loyang agar bentuknya menjadi cantik.

Semoga tips di atas dapat membantumu dalam membuat kue cokelat. Kamu bisa membuat kreasi dengan menambahkan es krim, whipping cream, hingga topping-topping lain sesuai seleramu. Selamat berkreasi, ya!

Source: idntimes.com

Baca juga: Resep Kue Kering Tanpa Oven, Praktis dan Tetap Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.