Ayat yang Menjelaskan Siklus Terjadinya Hujan

oleh -297 views
source: dekoruma.com

zZETIZEN RADAR CIREBON- Siklus air atau siklus hidrologi adalah siklus kondensasi atau penguapan yang mengontrol sistem distribusi air di bumi.

Dalam siklus ini, perjalanan air mulai ketika molekul air bergerak dari permukaan bumi ke atmosfer dan kembali lagi, dalam beberapa kasus ke bawah permukaan. (IND)

Siklus raksasa ini, mendapat tenaga energi dari matahari, tidak ditemukan oleh para peneliti modern hingga 100 tahun yang lalu.

Namun, jauh sebelum itu, Al-Qur’an telah menjelaskan secara ilmiah semua fakta yang berkaitan dengan siklus air dan turunnya hujan, tepatnya sejak 1400 tahun yang lalu.

Hal itu dapat kita lihat dari beberapa ayat Al-Qur’an yang secara gamblang menjelaskan perjalanan air dalam siklus air yang kini telah terbukti kebenarannya oleh kajian-kajian ilmiah yang para peneliti modern telah lakukan saat ini. Berikut adalah ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan setiap bagian dari siklus air.

Surah An- Naba ayat 13

Ayat pertama ini mengacu pada matahari, pelita yang bersinar dengan panas yang sangat hebat. Ayat ini menjelaskan pentingnya matahari sebagai penggerak siklus air karena fungsinya yang dapat menyebarkan panas dan cahaya yang dibutuhkan untuk menguapkan air.

Surah Al-Hijr ayat 22: Penyebab turunnya hujan dari langit

Ayat dalam surah ini menjelaskan penggerak kedua dari siklus air, yaitu angin.

Peran angin dalam siklus air juga penting karena tanpa angin siklus air tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Angin berperan dalam meningkatkan laju perubahan air cair menjadi uap air di udara.

Surat dan ayat yang sama juga menjelaskan bahwa hanya Allah yang memiliki kekuatan untuk menyimpan air. Air yang jatuh saat hujan akan tersimpan di dalam tanah dalam waktu yang sangat lama. Akan tetapi, dengan rahmat Allah, air yang tersimpan di dalam tanah tidak akan rusak meskipun tersimpan selama ratusan tahun.

Di sisi lain, air yang kita simpan bahkan untuk beberapa hari akan tetap rusak. Kami benar-benar bukan pemiliknya.

Dalam ayat ini, Allah juga menjelaskan bahwa setelah menguap, air akan mengembun dalam bentuk awan yang kemudian dibuahi oleh angin. Hal inilah yang akan mengakibatkan turunnya hujan dari langit, yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di bumi.

Baca Juga: Petrichor! Dibalik Aroma Harum Setelah Hujan

Surah An- Nur ayat 43: Pembentukan hujan

Dalam ayat ini, Allah menjelaskan kepada kita bahwa awan tebal yang tinggi bertanggung jawab atas pembentukan hujan dan es.

Surah Az- Zumar ayat 21

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah mengirimkan air (hujan) yang jatuh dari langit untuk menembus bumi dan muncul sebagai mata air yang menghasilkan berbagai tanaman warna-warni yang akhirnya menguning seiring waktu.

Tumbuhan kering ini akan menjadi kering dan kepingan-kepingan rusak yang dapat berubah menjadi minyak selama ratusan tahun yang tentunya akan menjadi manfaat lain bagi kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.