Cara Menolak Ajakan Teman

oleh -84 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu pernah tidak, tiba-tiba di ajak temanmu untuk pergi keluar atau ke suatu tempat, padahal saat itu kamu lagi ada banyak pekerjaan atau memang lagi malas keluar. Tapi di sisi lain kamu bingung, bagaimana caranya agar temanmu tidak sakit hati saat kamu menolak ajakannya. Kalau kamu pernah mengalami hal ini, mungkin tips di bawah ini bisa membantu kamu supaya tidak merasa bersalah untuk menolak ajakan teman. Berikut tips menolak ajakan teman dengan baik dan tetap sopan. (stna)

Jangan merasa tidak enak untuk berkata “tidak”

Jangan membohongi diri sendiri maupun teman kamu, ketika kamu memang merasa tidak bisa memenuhi permintaannya untuk ditemani pergi ke suatu tempat. Kamu juga memiliki hak untuk menolak ajakan teman kamu dan tidak mengiyakan semua yang temanmu mau. Sampaikan saja langsung dengan jelas alasan mengapa kamu tidak bisa menemaninya.

Ganti maaf menjadi terima kasih

Agar tidak menyalahkan diri sendiri, jangan mengucapkan kata ‘maaf’ ketika kamu menolak ajakan teman kamu, namun sebaiknya di ganti dengan kata ‘terima kasih’. Misalnya terima kasih karena sudah mengajakmu untuk pergi, katakan saja jika kamu sudah memiliki agenda lain, sehingga belum bisa menerima ajakan teman kamu. Hal itu membuatmu terlihat lebih menghargai teman dan tentunya tidak membebani dirimu akibat perasaan bersalah.

Beri batasan

Walaupun itu merupakan teman terdekat kamu sekalipun, harus tetap ada batasan antara kamu dengan dirinya. Batasan itu dibuat agar kamu dan temanmu bisa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Ungkapkan secara jujur apa hal yang membuatmu nyaman dan apa hal yang membuatmu menjadi tidak nyaman. Dengan begitu kamu bisa menjalin pertemanan yang sehat tanpa adanya tekanan.

Jangan mengulur waktu

Jika kamu memang tidak bisa memenuhi ajakan temanmu, segera beritahu dia. Jangan sampai mengulur waktu untuk mencari alasan-alasan lain. Bicaralah apa adanya jika kamu tidak bisa, sehingga temanmu tidak akan menunggu terlalu lama.

Jujurlah terhadap temanmu

Ketika kamu tidak bisa memenuhi permintaan temanmu, pasti kamu memiliki alasan dibaliknya. Berikanlah alasan yang jujur, mengapa kamu tidak bisa menerima ajakan temanmu. Dengan begitu, ia pasti juga akan paham terhadap posisimu. Kejujuran juga mampu mencegah kesalahpahaman yang ada antara kamu dengan temanmu.

Jika kamu memang tidak bisa memenuhi ajakan temanmu, sesekali memberikan penolakan terhadap teman itu tidak masalah. Selama kamu dapat menjelaskan alasan yang jelas. Jangan takut jika nantinya temanmu akan marah atau kecewa. Karena seorang teman pasti dapat memahami situasi seperti itu.

Baca juga: Tips Memilih Tempat Curhat