Dampak Pada Anak Jika Kedua Orang Tua Bekerja

oleh -63 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang tua adalah guru pertama dalam kehidupan seorang anak dan memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan dewasa mereka. Dengan munculnya gaya keluarga di mana kedua orang tua yang bekerja, hubungan orang tua-anak ini juga menghadapi dampak positif dan negatif. (herdi)

Ada lebih banyak pendapatan yang dapat d ibelanjakan bagi orang tua untuk di belanjakan pada anak tetapi lebih sedikit waktu untuk terlibat secara efektif dengan anak-anak mereka.

Bagaimana Orang Tua yang Bekerja Mempengaruhi Perkembangan Anak

Sebelumnya, dengan sistem keluarga bersama, membesarkan anak bukanlah hal yang sulit sama sekali karena ada banyak pengasuh untuk seorang anak selain ibu. Bibi, paman, kakek-nenek – semua orang membantu dalam membesarkan anak-anak dalam keluarga.

Keluarga inti, bagaimanapun, menjamur dan meningkat di seluruh negeri, meninggalkan orang tua yang bekerja dengan hampir tidak ada anggota keluarga untuk meninggalkan anak mereka. Gaya pengasuhan ini datang dengan sisi positifnya sendiri dan juga beberapa kekurangannya.

Ini mengarah pada tingkat kedewasaan dan pengalaman yang lebih besar yang dapat di bagikan orang tua dengan anak-anak mereka sambil mengurangi banyak waktu yang dapat mereka habiskan bersama mereka. Poin-poin yang di sebutkan di bawah ini membantu Anda mendapatkan pandangan rinci tentang dampak baik dan masalah yang di hadapi oleh anak-anak dari orang tua yang bekerja:

1. Efek Positif Kedua Orang Tua Bekerja

Mari kita fokuskan dulu pada banyak hal positif yang dapat di alami anak-anak dari orang tua (keduanya bekerja).

Gaya Hidup Berkualitas

Dengan kedua orang tua bekerja, gaya hidup berkualitas tinggi lebih terjangkau bagi sebagian besar rumah tangga. Ada lebih banyak uang yang dapat di belanjakan orang tua untuk anak-anak mereka untuk kebutuhan pendidikan atau ekstrakurikuler mereka.

Pengalaman hidup

Karena kedua orang tua pergi bekerja, mereka memiliki banyak pelajaran dan pengalaman hidup untuk dibagikan kepada anak-anak mereka. Ini membantu anak untuk memiliki pandangan yang lebih dewasa terhadap kehidupan mereka.

Menghargai Waktu

Karena kedua orang tua harus pergi bekerja, mereka paling sering memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan di rumah bersama anak-anak mereka. Ini mengajarkan anak-anak bahwa waktu sangat di perlukan dan tidak akan kembali begitu waktu berlalu. Mereka memahami nilai waktu lebih cepat sambil memanfaatkannya sebaik mungkin.

2. Efek Negatif

Meskipun kedua orang tua yang bekerja memiliki hasil positif yang signifikan dalam kehidupan anak-anak mereka, mereka juga memiliki beberapa hal negatif. Mari kita lihat dampak negatif pasangan yang bekerja terhadap perkembangan anak:

Efek Psikologis

Dengan gaya keluarga inti, pasangan harus pindah ke kota untuk pekerjaan mereka. Orang tua mereka tidak mau menetap di kota meninggalkan kampung halaman mereka dan mengasuh anak-anak. Hal ini membuat orang tua dengan sangat sedikit dukungan dari keluarga mereka sendiri. Akibatnya, mereka harus mempekerjakan pengasuh atau menerima anak-anak mereka di fasilitas penitipan anak.

Perubahan Perilaku dan Perubahan Suasana Hati

Orang tua perlu memastikan bahwa mereka menghabiskan 30 menit hingga 1 jam waktu berkualitas dengan anak-anak mereka setiap hari. Karena anak-anak di tinggalkan dengan pengasuh atau di tempat penitipan anak, mereka cenderung menderita kegelisahan dan kesulitan mengelola perubahan suasana hati mereka.

Perubahan Perilaku dan Perubahan Suasana Hati

Orang tua perlu memastikan bahwa mereka menghabiskan 30 menit hingga 1 jam waktu berkualitas dengan anak-anak mereka setiap hari. Karena anak-anak di tinggalkan dengan pengasuh atau di tempat penitipan anak, mereka cenderung menderita kegelisahan dan kesulitan mengelola perubahan suasana hati mereka.

Jadi untuk kalian para orang tua, yang masih muda khususnya untuk mempertimbangkan lagi. Karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Sumber: parenting.firstcry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.