Drama Korea Seputar Kesehatan Mental Part 2

oleh -58 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selain berhasil dengan genre romantis, drama Korea tidak absen untuk menampilkan drama yang tersambung dengan isu saat ini. Salah satu yang juga menjadi fokus cerita drama Korea adalah isu kesehatan mental. Melalui drama-drama yang dihadirkan dalam drama Korea ini akan membuat banyak orang punya perhatian pada kesehatan mental. Selain itu, harapannya, perilaku toxic dan beracun yang tanpa sadar sering kali dilakukan bisa disadari sebagai perilaku yang tidak baik dan harus dihentikan. Berikut rekomendasi drama Korea seputar kesehatan mental yang bisa kamu tonton. (stna)

Hometown Cha Cha Cha (2021)

Film Hometown Cha Cha Cha mengangkat mengenai betapa pentingnya kesehatan mental. Serta memberitahu kita semua bahwa mendatangi profesional saat diri sendiri tidak dapat mengatasinya adalah hal yang baik dan bukan hal yang memalukan.

Diceritakan dalam film tersebut, Du Shik pergi ke Seoul mengunjungi dokternya untuk melakukan terapi. Du Shik mengalami Thantophobia. Kejadian yang membuat Du Shik trauma karena adanya pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan, seperti ditinggal oleh orang yang ia sayangi dan merasa bersalah dengan apa yang terjadi terhadap orang-orang yang ia sayangi. Film Hometown Cha Cha Cha juga mengangkat krisis dengan masalah pribadi dalam setiap karakternya. Tetapi film ini juga menggambarkan perempuan-perempuan independen dan kuat.

It’s Okay, That’s Love (2014)

Drama Korea ini menceritakan Jang Jae-yeol, seorang penulis terkenal sekaligus pembawa acara radio. Ia memiliki masa lalu yang kelam sebab ia pernah di lecehkan semasa kecil. Trauma itulah yang membentuknya sebagai pribadi misterius dan agak menyebalkan. Jae Yeol juga menderita gangguan obsessive compulsive disorder (OCD) dan ia juga harus berjuang melawan skizofrenia. Skizofrenia menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Kemudian, lawan main Jae-yeol adalah Ji Hae-soo, seorang psikiater yang menderita fobia seksual karena dulu ia menyaksikan perselingkuhan ibunya saat masih anak-anak. Pengalaman buruk tersebut yang membuatnya mengalami gangguan kecemasan sekaligus sentimen terhadap hubungan percintaan.

Usai mereka berdua bertemu, ada banyak kejadian tak terduga dengan pertikaian-pertikaian kecil di antara mereka. Rasa yang bermula dari penolakan keduanya, perlahan berkembang menjadi cinta dan saling membutuhkan. Drama Korea It’s Okay, That’s Love ini tak hanya menyuguhkan kisah cinta romantis insan dewasa yang menghadapi persoalan dan luka yang sama. Namun, penonton juga akan diberikan sudut pandang lain untuk lebih memahami masalah yang dialami penderita gangguan mental dan penyakit psikis lainnya.

Soul Mechanic (2020)

Soul Mechanic bercerita mengenai kehidupan para psikiater dan para pasiennya di RS Eun Kang. Di gambarkan kalau setiap psikiater selalu terikat hubungan emosional dengan pasiennya. Bukan hanya mengobati, mereka juga mencoba untuk menyembuhkan luka dalam hati para pasien penyakit mental. Drama yang di bintangi Shin Ha Kyun dan Jung So Min ini mengajak penonton untuk memahami penyebab dan perasaan para pasien penyakit mental dari sudut pandang psikiater.

Hyde, Jekyll, Me (2015)

Serial ini merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul Jekyll Is Mr. Hyde karya Lee Choong Ho. Kisah ini menceritakan Goo Seo Jin, seorang chaebol yang memiliki taman bermain Wonderland yang memiliki permasalahan psikologi sehingga ia mengidap DID (Dissociative Identity Disorder). Penyakitnya ini membuatnya kesulitan untuk bekerja, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk menutup taman hiburannya. Namun, kehadiran Han Ji Min membuatnya mempertahankan taman bermain tersebut agar tetap berjalan.

You Are My Spring (2021)

Drama serial bergenre misteri romantis ini mengikuti kisah sejumlah karakter utama yang masih terjebak dalam kenangan saat mereka berusia tujuh tahun. Mereka adalah Kang Da-jeon, Ju Young-do, dan Chae Joon. Kang Da-jeon adalah seorang manajer hotel bintang lima, ia memiliki trauma masa lalu dan selalu bernasib sial jika menjalin hubungan dengan laki-laki. Sedangkan Chae Joon adalah seorang CEO dari sebuah perusahaan investasi dengan karier yang baik. Rupanya ia tertarik dengan Dae-jeong.

Cerita tiga karakter tersebut semakin rumit dengan kehadiran sosok lain bernama Ahn Ga-yeong yang merupakan seorang aktris yang memiliki kehidupan glamor tapi selalu kesepian. Ia merasa trauma jatuh cinta setelah di sakiti oleh kekasihnya yang juga merupakan manajernya.

Be Melodramatic (2019)

Be Melodramatic yang di rilis pada 2019 menawarkan kisah persahabatan yang menarik. Kisahnya berpusat pada tiga tokoh utama yang semuanya adalah wanita berusia 30-an. Mereka adalah Lim Jin Hoo, Lee Eun Jung, dan Hwang Han Joo. Ketiga sahabat yang sama-sama memiliki trauma asmara ini berjuang mengejar impian dan saling menguatkan satu sama lain. Melalui film ini kamu akan diajak menyelami masalah yang dialami wanita usia 30-an tahun dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Drama Korea Seputar Kesehatan Mental Part 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.