Fakta dan Mitos Mengenai Gangguan Paranoid

oleh -117 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gangguan kepribadian paranoid adalah kondisi mental di mana seseorang memiliki pola ketidakpercayaan dan kecurigaan jangka panjang terhadap orang lain. Orang tersebut tidak memiliki gangguan psikotik besar, seperti skizofrenia. Untuk membaca selengkapnya tentang gangguan kepribadian ini, bisa klik di sini. (herdi)

Berikut adalah 5 Faktanya:

1.      Masuk dalam kategori gangguan kepribadian

Gangguan kepribadian paranoid termasuk dalam kelompok gangguan kepribadian, bersama dengan PD skizoid dan shizotipal. Jenis gangguan ini memerlukan perawatan kesehatan mental yang dapat mencakup konseling, obat-obatan, dan metode perawatan lainnya.

2.      Tidak percaya dengan orang lain

Penyakit mental ini termasuk tanda-tanda ketidakpercayaan, dan ketidakpercayaan ini meluas bahkan ke anggota keluarga dan teman dekat. Individu yang memiliki kondisi ini merasa sangat sulit untuk mempercayai siapa pun, dan mereka selalu mencari tanda dan indikator bahwa kurangnya kepercayaan ini dapat di benarkan. Rasa takut di khianati sangat umum terjadi pada jenis gangguan kepribadian ini.

3.      pendendam

Seseorang yang memiliki gangguan kepribadian paranoid biasanya sangat curiga secara alami, dan selalu di jaga dengan baik. Gangguan ini membuat individu jauh lebih mungkin untuk mengingat bahkan hal-hal kecil dan menyimpan dendam untuk waktu yang lama. Hubungan dekat sulit dipertahankan karena kecurigaan dan kurangnya kepercayaan yang di tampilkan.

4.      Egois  

Seseorang yang memiliki bentuk penyakit mental ini memiliki perasaan yang sangat kuat tentang kepentingan mereka sendiri, dan hak-hak pribadi mereka sendiri. Individu tersebut lebih sensitif dari biasanya terhadap kemunduran dan hambatan biasa yang mungkin mereka hadapi, dan penolakan apa pun dipandang sebagai pengkhianatan besar.

5.      Mempunyai perasaan yang sensitif

Orang dengan gangguan kepribadian paranoid akan merasa terhina dan malu lebih dalam daripada kebanyakan orang, dan kecurigaan mereka cenderung membuat mereka menarik diri dan terisolasi. Tanpa pengobatan, isolasi dan penarikan diri ini dapat menghancurkan dan berkontribusi pada masalah dan gejala penyakit mental lebih lanjut.

Berikut tadi di atas adalah 5 fakta tentang gangguan kepribadian ini, selain itu ada juga kesalahpahaman tentangnya yang beredar di masyarakat. Maka dari itu berikut adalah mitos-mitosnya.

Seseorang dengan Gangguan Kepribadian Paranoid Mengalami Halusinasi atau “realitas yang berubah.”

Halusinasi adalah persepsi atau kepercayaan pada sesuatu yang tidak ada pada saat itu. Halusinasi tidak hanya melihat sesuatu atau mendengar suara. Mereka dapat melibatkan salah satu dari panca indera, termasuk sentuhan, rasa, dan bau. Ada atau tidak adanya halusinasi merupakan salah satu perbedaan antara gangguan kepribadian paranoid dan skizofrenia.

Gangguan Kepribadian Paranoid Didasarkan pada Keyakinan yang Salah

Kesalahpahaman umum ini, dengan sendirinya, adalah kepercayaan yang salah. Gangguan kepribadian paranoid tidak berakar pada keyakinan yang salah. Ini adalah gejala lain dari skizofrenia. Seorang remaja dengan gangguan kepribadian paranoid akan hidup dalam ketakutan yang konstan dan berlebihan bahwa orang-orang akan menyakiti atau mengancam mereka

Gangguan Kepribadian Paranoid Tidak Lebih Dari Kecanggungan Sosial

Seorang remaja yang canggung secara sosial berjuang untuk berteman dan mempertahankan hubungan karena mereka tidak nyaman di sekitar orang lain atau tidak yakin “bagaimana harus bertindak” di sekitar teman sebaya dan orang lain di lingkungan sosial. Mereka mungkin merasa gugup di sekitar teman sekelas yang membuat mereka tertarik atau menjadi sangat bingung ketika mencoba berkomunikasi dengan orang lain. Seorang remaja dengan gangguan kepribadian paranoid mengalami perjuangan dengan emosi di atas dan di luar keterampilan sosial yang tidak kompeten.

Sumber: Hillcrestatc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.