Financial Stress! Pahami Apa itu dan Dampaknya

oleh -93 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apa Anda Stres memikirkan finansial Anda? Hal itu sudah biasa karena Indonesia sendiri mayoritas adalah rakyat middle ke bawah. Jadi di luar sana banyak yang bernasib sama seperti Anda, mungkin saja mereka lebih buruk dari Anda. Karena itu Anda seharusnya lebih bersyukur, lalu apa sih Financial Stress? Ini Uraiannya. (herdi)

Memahami Financial stress

Financial stress adalah ketegangan emosional yang secara khusus terkait dengan uang. Siapa pun dapat mengalami financial stress, tetapi financial stress dapat lebih sering terjadi pada rumah tangga dengan pendapatan rendah. Stres dapat terjadi karena tidak menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan Anda seperti membayar sewa, membayar tagihan, dan membeli bahan makanan.

Orang dengan pendapatan lebih sedikit mungkin mengalami stres tambahan karena pekerjaan mereka. Pekerjaan mereka mungkin kurang fleksibel dalam hal mengambil cuti. Mereka mungkin bekerja di lingkungan yang tidak aman, tetapi mereka takut untuk pergi karena mereka tidak akan mampu menghidupi diri sendiri secara finansial saat mereka mencari pekerjaan lain.

Kebanyakan orang stres tentang uang dari waktu ke waktu. Tetapi tekanan finansial bisa menjadi masalah jika mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya, Anda mungkin merasa tidak dapat fokus atau menikmati bagian lain dari hidup Anda karena stres yang berhubungan dengan uang membuat Anda sangat khawatir.

Jika tekanan finansial Anda parah, Anda akan mengalami efek negatif pada kesehatan mental Anda dan bahkan kesehatan fisik Anda.

Dampak pada Kesehatan Anda

Meskipun stres apa pun dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda, stres yang terkait dengan masalah keuangan bisa sangat beracun. Financial stress dapat menyebabkan:

Kesehatan mental yang buruk

Dalam banyak kasus, hubungan antara kesehatan mental dan finansial bersifat siklus—kesehatan finansial yang buruk dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk, yang mengarah pada kesehatan finansial yang semakin buruk, dan seterusnya. Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berhutang memiliki tingkat masalah kesehatan mental yang lebih tinggi seperti depresi dan kecemasan daripada mereka yang bebas hutang.

Kesehatan fisik yang buruk

Stres yang terus-menerus tentang uang telah dikaitkan dengan sakit kepala, sakit perut, migrain, penyakit jantung, diabetes, masalah tidur, dan banyak lagi.5 Ketika kita terus-menerus stres, tubuh kita tidak punya waktu untuk pulih. Sistem kekebalan kita dibiarkan rentan terhadap penyakit—termasuk pilek dan virus.

Mengatasi Financial stress

Catat Keuangan Anda

Tuliskan apa yang dapat Anda mulai lakukan hari ini atau minggu ini yang dapat membuat Anda berada di jalur yang tepat menuju stabilitas keuangan. Coba buat rencana anggaran, belanjakan hanya untuk kebutuhan selama seminggu atau sebulan.

Anda juga dapat mencoba melacak pengeluaran Anda. Simpan daftar harian atau mingguan untuk apa Anda membelanjakan uang, dan lihat di mana Anda dapat membelanjakan lebih sedikit.

Anda mungkin mencari bantuan profesional untuk membantu keuangan Anda. Misalnya, Anda dapat meneliti program pengampunan pinjaman siswa dan program pembayaran berbasis pendapatan yang dapat menciptakan pembayaran yang lebih mudah dikelola untuk hutang Anda.

Hubungi Dukungan

Cobalah mencari dukungan dari keluarga dan teman Anda untuk membantu mengurangi stress. Anda dapat mencoba menghadiri kelompok pendukung untuk orang-orang yang juga berjuang dengan financial stress. Ingat, Anda tidak sendirian. Anda dapat mengembangkan sistem teman dan keluarga tepercaya untuk membantu Anda tetap optimis tentang keuangan Anda.

Pintar Mengelola Uang

Mungkin kalian pernah mendengar kata-kata ini dari segala sumber, entah itu dari instagram, media sosial lainnya, atau dari orang lain. Orang miskin belajar menyimpan uang yang mereka dapatkan, namun orang kaya memutar uang mereka kembali agar menghasilkan uang yang lebih besar. Mengetahui apa itu investasi juga penting agar tidak merasa stres karena kondisi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.