,

Genre Musik Bisa Pengaruhi Mood? Ini Penjelasannya!

oleh -40 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saya percaya sebagian besasr dari kita adalah seorang yang hobinya mendengarkan musik. Entah genre  musik favoitmu apa, entah itu pop, jazz, koplo, ataupun rock. Lalu tanpa di sadari musik sudah menjadi bagian dari diri kita, menyatu dengan setiap kegiatan yang kita lakukan. Tapi meskipun begitu, kita mungkin mempunyai genre musik yang sama dalam menghadapi beberapa situasi. (herdi)

JADI, APAKAH GENRE TERTENTU MEMPENGARUHI MOODS BERBEDA?

Singkatnya, ya! Dalam hal musik, psikologi sangat kompleks. Meskipun musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan atau sedikit mengubah suasana hati Anda, sebagian besar musik tidak memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mengubah suasana hati Anda 360 derajat.

┬áSelain itu, musik belum tentu mempengaruhi orang seperti yang di harapkan. Hanya karena satu karya musik adalah ‘lagu sedih’, itu belum tentu berdampak pada mentalitas orang yang mendengarkannya. Itu tergantung dari banyak faktor; ketukan, lirik, dan gaya musik semuanya akan memengaruhi suasana hati orang yang mendengarkannya.

Penelitian yang di lakukan di masa lalu menunjukkan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam penelitian dan di minta untuk memperbaiki suasana hati mereka benar-benar melakukannya, terutama ketika mereka mencoba mendengarkan musik yang ceria dan ceria.

Namun, hanya mereka yang d iinstruksikan untuk memperbaiki suasana hati mereka dengan musik bahagia ini yang benar-benar meningkatkan suasana hati mereka. Orang-orang yang mendengarkan musik yang sama persis tetapi tidak di beri instruksi yang di sebutkan di atas tidak melihat peningkatan yang sama.

MUSIK KLASIK = MOTIVASI

Berbagai jenis musik akan memiliki efek yang berbeda pada jiwa manusia. Musik klasik secara alami menenangkan, dan ini dapat di lihat dari seberapa banyak jenis musik ini muncul di playlist untuk belajar dan fokus. Komposisi musik Bach & Beethoven memiliki dampak besar pada fokus dan motivasi, sekaligus meningkatkan kepositifan.

MUSIK ROCK = STRES

Meskipun ada lebih sedikit genre musik yang terbukti meningkatkan stres, musik rock adalah salah satu yang di ketahui. Musik rock, meskipun di kenal dapat meningkatkan stres, sebenarnya sangat baik untuk produktivitas dan kesejahteraan. University of Queensland menemukan bahwa genre rock benar-benar membantu manajemen kemarahan dan kesejahteraan positif secara keseluruhan.

MUSIK DANSA & KEBAHAGIAAN

Yang ini mungkin yang paling jelas dari kelompok itu; musik dansa di kenal membuat orang bahagia! Musik pop, musik dansa, dan komposisi yang menyenangkan secara keseluruhan di kenal hebat dalam mengangkat semangat orang. Seluruh premis dari genre tari adalah bahwa hal itu seharusnya membebaskan Anda dan membawa Anda ke tempat lain sepenuhnya.

MUSIK SAD COCOK UNTUK ORANG SAD

Rebecca Salmon, seorang blogger lifestyle di Brit Student and Coursework help, mencatat, “Sepertinya musik sedih hanya membuat orang sedih menjadi lebih sedih, tetapi sebenarnya tidak selalu demikian.” Meskipun ini adalah pemikiran yang populer, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa musik sedih sebenarnya bertindak sebagai bentuk katarsis untuk orang yang sedih. Inilah sebabnya mengapa kita tertarik pada musik sedih ketika kita sedih, daripada kepercayaan populer bahwa musik sedih hanya membuat orang sedih menjadi lebih sedih.

Proses mendengarkan musik sedih memungkinkan orang yang sedang mengalami emosi negatif untuk memprosesnya dan memahami apa yang mereka rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.