Hal Sederhana Sebagai Bentuk Sikap Mengapresiasi Diri

oleh -20 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Semua orang pasti akan merasa gak nyaman saat tidak dihargai atau malah secara terang-terangan direndahkan pihak lain. Sayangnya, terkadang justru sikap tidak menghargai ini juga bisa datang dari diri sendiri. Oleh karena itu, rasanya gak berlebihan kalau kita mulai menerapkan beberapa sikap positif untuk mengapresiasi diri. (az)

Biar mudah merasakan kebahagiaan hidup, yuk, mulai terapkan hal-hal sederhana berikut ini yang jadi bentuk sikap menghargai diri sendiri.

1. Gak membiarkan orang membuatmu berpikir gak pantas bahagia

5 Sikap yang Wajib Dilakukan untuk Menghargai Diri Sendiriilustrasi menutup wajah (Unsplash.com/Hannah Xu)

Terkadang pencapaian hidup datang bersama rasa iri dari orang yang gak suka melihatmu merasakan kebahagiaan. Mereka bahkan sampai berusaha membuatmu merasa gak pantas dengan berbagai cara. Mereka juga gak segan meracuni pikiranmu agar merasa semua kebahagiaan ini bukan sesuatu yang luar biasa.

Sikap yang seharusnya kamu lakukan adalah mengabaikan sikap dan omongan orang-orang tersebut. Bahagia itu tergantung dari sudut pandang masing-masing. Percayalah, kamu berhak dan sangat pantas merasakan serta mendapatkan bahagia meski seluruh dunia menganggap hal itu sepele.

2. Pertahankam optimisme dan rasa percaya diri

5 Sikap yang Wajib Dilakukan untuk Menghargai Diri Sendiriilustrasi bahagia (Unsplash.com/Austin Distel)

Optimisme dan rasa percaya diri adalah modal untuk meraih sukses demi merasakan kebahagiaan di masa depan. Pastikan kedua hal ini terus tertanam dalam pikiranmu dan jangan biarkan goyah oleh apa pun dan siapa pun.

Dengan terus mempertahankan sikap optimis dan percaya diri, kamu mampu bersinar dengan caramu sendiri. Meski akan tetap ada orang yang merendahkan, tapi bentengmu sudah lebih kuat sebab penghargaan diri terbesar datang dari dirimu sendiri.

3. Tanamkan kalimat motivasi positif dalam diri

5 Sikap yang Wajib Dilakukan untuk Menghargai Diri Sendiriilustrasi memotivasi diri (Unsplash.com/bruce mars)

Kebiasaan memberikan kalimat positif pada diri sendiri akan mampu meningkatkan motivasi dalam meraih tujuan hidup. Bak tanaman yang mendapat kesegaran dari air, mental kita pun terasa seperti dihujani semangat lewat kalimat motivasi tadi.

Meski bagi sebagian orang terkesan buang-buang waktu, tapi tanpa sadar kebiasaan ini justru mampu jadi penyemangat untuk diri sendiri. Jadi, cukupilah kebutuhan mentalmu akan motivasi lewat kalimat positif setiap hari secara rutin agar gak mudah dijatuhkan oleh kondisi. 

4. Biasakan untuk menyaring komentar negatif dari orang lainĀ 

5 Sikap yang Wajib Dilakukan untuk Menghargai Diri Sendiriilustrasi pertemanan (Unsplash.com/Brooke Cagle)

Kritik dan saran memang kerap jadi bagian dari komentar orang tentang pencapaian hidup yang kita dapat. Sayangnya, gak semua wujud komentar tersebut positif. Gak jarang justru komentar negatif yang datang menyerang hingga mampu menjatuhkan mental.

Oleh karenanya, bentengi diri dengan mulai menyaring komentar yang datang. Jangan telan mentah-mentah semua komentar tersebut agar tidak kehilangan semangat. Menyaring komentar juga bisa jadi langkah preventif demi menjaga kesehatan mentalmu, lho.

5. Yakinkan diri bahwa kamu berharga

5 Sikap yang Wajib Dilakukan untuk Menghargai Diri Sendiriilustrasi bahagia (Unsplash.com/Allef Vinicius)

Gak ada benteng terbaik dalam diri selain keyakinan bahwa kamu itu berharga. Seberapa besar dan banyak usaha orang luar untuk menjatuhkan, kalau keyakinanmu kuat maka semua akan bisa dilalui tanpa merasakan perihnya tidak dihargai.

Baca juga: Self Appreciation! Penting Menghargai Diri Sendiri

Jangan biarkan dunia menyakiti dan mempermainkanmu lewat doktrin tidak berharga. Sadari bahwa kamu juga berharga seperti orang lain dan tanamkan dalam pikiran kalau tidak ada yang boleh merendahkanmu, termasuk dirimu sendiri.

Menghargai diri sendiri bukanlah hal tabu yang pantang dilakukan. Justru sikap ini harus tertanam dalam pikiran agar mampu terus melangkah menuju keberhasilan dan kebahagiaan hidup. Sebab, kalau bukan kita, lalu siapa lagi?

Sumber: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *