Ikan Dory Ikan Hias yang Punya Warna Nyentrik

oleh -366 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ikan Dory ikan hias yang punya warna nyentrik. Tokoh Dory dalam film animasi Finding Nemo pertama kali tayang di bioskop. Sejak saat itu eksistensi ikan-ikan laut yang menjadi pemeran utama di dalamnya meroket dan di kenal banyak orang. (ree)

Seperti namanya, blue tang hadir dengan warna biru elektrik yang menyala dengan corak hitam, lengkap dengan ekornya yang berwarna kuning cerah.

Baca juga: Mengenal Ikan Hias Air Laut yang Menawan, Yellow Tang

Paracanthurus hepatus merupakan panggilan secara ilmiah dari ikan hias air laut botana blue tang. Blue tang kalau dari beberapa penghobi asal Indonesia beken dengan panggilan botana.

Ikan ini ternyata punya banyak tipe atau jenis, jenis yang sangat populer adalah botana biru, botana kasur lalu botana kacamata.

Karakteristik Ikan Blue Tang

Paracanthurus hepatus biasanya ditemukan di daerah Indo-Pasifik dan sering kali terlihat di terumbu karang Afrika Timur, Jepang, Kaledonia Baru, Samoa dan Karang Penghalang Besar. Ikan ini biasa hidup berpasangan atau berkelompok hingga 10-12 ekor. Usianya ketika dewasa adalah 9-12 tahun.

Varietas ikan hias air laut ini ternyata lumayan banyak jumlahnya dari yang berbadan kecil sampai besar. Dan ikan Botana Blue Tang merupakan jenis yang sangat terkenal. Panggilan ikan Botana Blue Tang mungkin agak asing di telinga kalian. Hal ini bisa dibilang wajar karena umumnya ikan ini lebih sering dipanggil dengan nama ikan Dory.

Pada kehidupan asli Blue Tang ikan ini memang hidup di antara anemon laut seperti sobatnya ‘Nemo’ si ikan badut. Ikan cantik ini sangat menikmati tempat persembunyian di antara bebatuan. Untuk itu, taruh beberapa batuan cantik dalam akuarium jika kamu ingin memeliharanya.

Baca lainnya: Dottyback Ikan Hias yang Menggemaskan

Dengan karakter yang gesit dan agresif membuatnya harus di pelihara dalam akuarium dengan ukuran yang lumayan besar. Selain hidup di karang ikan blue tang juga memanfaatkan ganggang disekitarnya untuk makanan sehari-hari mereka. Ikan kecil ini tidak memakan plankton atau ikan kecil lainnya, sehingga mereka termasuk ikan yang ramah dan bersahabat dengan sejenisnya

Bagaimana, apakah kamu ingin memelihara ikan yang satu ini???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.