Ikan Endemik Indonesia yang Menggemaskan

oleh -145 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ikan endemik Indonesia yang menggemaskan, ikan botia. Sahabat Aquarist tahukah kamu bahwa Ikan botia merupakan salah satu jenis ikan Loach, dan ikan ini tergolong ikan hias yang menjadi favorit para kolektor loh. (ree)

Botia badut Chromobotia macracanthus atau clown loach, merupakan salah satu jenis ikan air tawar asli Indonesia. Kemudian ikan ini hanya di temukan di sungai kawasan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Sementara di wilayah Sumatra, ikan ini dapat di temukan di Jambi, Sumatra, dan Lampung.

Baca juga: Ikan Hantu yang Pemalu, Serem Tapi Unik

See the source image

Ikan ini banyak di minati oleh para pecinta aquascape karena ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan juga cantik.

Namun karena banyaknya pecinta ikan ini, ikan botia saat ini sudah mendunia dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, melalui jalur perdagangan. Ikan ini tidak bisa tumbuh terlalu besar, ukuran maksimal ikan ini hanya bisa mencapai sekitar 30 – 40 cm saja. Sementara umur ikan ini diperkirakan sekitar 20 Tahunan.

Karakteristik Ikan Botia

Ada pula karakter yang cukup unik dari ikan yang satu ini, yaitu mempunyai kebiasaaan memiringkan badan, siapa saja yang melihatnya pasti akan mengira bahwa ikan ini sudah mati. Lalu pastikan juga ukuran akuarium yang kamu gunakan cukup luas, apalagi ikan ini merupakan ikan yang cukup agresif mengeksplor seluruh sisi akuarium.

Ikan botia badut akan senang hati memakan tablet dari ikan kering, serpihan, butiran, dll. Makanan hidupnya berupa siput, udang air asin, cacing darah beku, dan cacing tubifex. Sedangkan makanan dari tanamannya yaitu potongan bayam, mentium, daun selada, squash, atau tablet khusus.

Ikan ini memiliki sisik yang sangat tipis, hal itu membuat kulitnya kurang terlindung. Jadi cukup rentan terhadap serangan dari luar. Ikan ini juga memiliki empat pasang barbels atau semacam kumis seperti ikan lele, kumis tersebut berguna untuk mencari makanan di air berlumpur.

Jika kamu ingin memelihara ikan botia sebaiknya terdapat pula aksesoris-aksesoris yang memungkinkannya bersembunyi dan bermain di sana. Selain mempercantik akuarium, kelengkapan ini juga tentunya membuat botia semakin nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.