Inilah Alasan Kamu Perlu Memeluk Seseorang

oleh -62 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memeluk memiliki efek relaksasi dan menenangkan pada orang. Pelukan sebenarnya baik untuk kesehatan Anda dan sains menunjukkan mengapa pelukan dan sentuhan bersifat terapeutik. (herdi)

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Membuat Kamu Lebih Bahagia

Artikel ini dimulai dengan membahas bagaimana pelukan mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Pelajari apa yang terjadi ketika Anda di peluk oleh orang asing dan orang yang Anda cintai.

Pelukan Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kebahagiaan

Tidak semua orang suka dipeluk atau di sentuh dengan cara yang sama. Tetapi secara umum, kontak fisik yang positif dapat secara efektif mengurangi tingkat stres Anda dan meningkatkan suasana hati Anda. Perasaan kesepian dan mengalami stres kronis pada akhirnya bisa berbahaya.

Pelukan menurunkan kortisol, yang kadang-kadang di sebut “hormon stres,” di tubuh Anda. Pelukan bahkan menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Pada saat yang sama, pelukan yang menyenangkan dengan anggota keluarga atau teman juga akan meningkatkan tingkat neurotransmiter seperti dopamin dalam sistem Anda. Dopamin kadang-kadang di sebut “hormon kebahagiaan.”

Pelukan adalah salah satu bentuk kontak fisik yang positif. Bentuk lainnya termasuk berpegangan tangan, di belai, dan mendapatkan pijatan terapeutik. Memelihara sentuhan selama tahun-tahun awal membantu diri kita yang lebih muda mengatur emosi.

Pelukan Dari Orang Asing dan Orang Tercinta

Bisakah pelukan dari orang asing bahkan memiliki manfaat positif? Dalam sebuah penelitian yang di terbitkan dalam edisi terbaru Comprehensive Psychoneuroendocrinology, sentuhan dan pelukan menunjukkan hasil positif bahkan ketika orang asing di peluk. Pelukan mengurangi respons kortisol terhadap stres dan memiliki efek menenangkan.

Di sentuh oleh pasangan romantis mungkin akan lebih menyenangkan daripada pelukan dari orang asing. Karena sejarah bersama, kedekatan emosional, dan keintiman seksual yang di miliki pasangan, pelukan singkat di dapur sebelum salah satu dari Anda berangkat kerja bisa berarti lebih dari sekadar pelukan dari seseorang yang tidak Anda kenal dengan baik atau sama sekali.

Pelukan Meningkatkan Kesejahteraan

Di peluk mengangkat suasana hati kita. Jika Anda merasa terisolasi atau sedang mengalami masa sulit, pelukan melepaskan endorfin. Endorfin adalah pereda nyeri alami tubuh. Neurotransmitter ini meningkatkan perasaan senang kita.

Sementara memeluk anggota keluarga atau pasangan ketika kita sampai di rumah mungkin tampak seperti hal kecil, sentuhan yang sehat itu seperti lem yang menghubungkan kita. Ini menopang kesejahteraan fisik, psikologis, dan emosional kita. Pelukan sebenarnya meningkatkan hubungan dan ikatan kita dengan orang lain.

Berpelukan dengan diri sendiri

Jika pasangan atau pasangan Anda bekerja di kota lain atau keluarga dan teman Anda tersebar, Anda tidak selalu bisa mendapatkan kontak fisik yang Anda inginkan saat ini. Anda mungkin memilih untuk memeluk diri sendiri. Dengan demikian, Anda dapat memberi diri Anda perasaan aman dan di cintai.

Jika tujuan Anda adalah untuk mengurangi rasa lapar sentuhan, memeluk, membelai diri sendiri dan memijat adalah kegiatan yang sangat baik untuk mencapai itu. Berikut adalah 6 cara yang di sarankan untuk menenangkan diri:

  1. Katakan pada diri Anda hal-hal positif dan beri diri Anda pelukan yang hangat dan kuat.
  2. Letakkan tangan Anda di atas jantung dan pijat jantung Anda dengan lembut.
  3. Pijat lembut pelipis Anda.
  4. Silangkan lengan Anda dan usap lengan atas dengan lembut ke atas dan ke bawah.
  5. Letakkan tangan Anda di bahu dan goyangkan sisi ke sisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.