Jenis-Jenis Pertanyaan dalam Soal HOTS

oleh -247 views
skata.info

ZETIZEN RADAR CIREBON – Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) merupakan soal-soal yang memerlukan kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam pengerjaannya. Soal ini mendorong memunculkan pikiran-pikiran orisinal peserta didik terhadap suatu fenomena maupun konsep. Tujuan penerapan HOTS adalah untuk menguji kemampuan analisis siswa, bukan kemampuan menghafal siswa. Guru tidak banyak menerangkan materi pembelajaran di kelas, tapi pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). (stna)

Kemampuan ini terdiri dari :

  • Menganalisis (Analyzing)
  • Mengevaluasi (Evaluating)
  • Mencipta (Creating)

Soal HOTS di klasifikasikan menjadi 4 macam pertanyaan. Berikut jenis-jenis pertanyaan dalam soal HOTS.

1. Pertanyaan Inferensial

Pertanyaan inferensial adalah pertanyaan yang harus segera kita jawab setelah melakukan pengamatan maupun pengkajian atas bahan yang di berikan oleh guru. Bahan informasi tersebut dapat berupa potret, gambar, tulisan singkat, sanjak, berita, dan sebagainya. Pertanyaan ini bertujuan mengungkap apa yang dilihat atau didapati dan apa yang di pahami oleh peserta didik setelah mengamati atau membaca bahan yang di sajikan oleh guru.

Contoh pertanyaan :
Berdasarkan gambar jaring-jaring makanan yang sudah diamati. Apakah ular sawah bisa punah jika jumlah padi berkurang?

2. Pertanyaan Interpretasi

Pertanyaan interpretasi di ajukan pada peserta didik berkaitan dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak ada dalam bahan yang di sajikan oleh guru, dan para peserta didik diharapkan dapat memberikan makna. Ini di tujukan agar para peserta didik dapat memberikan makna suatu konsekuensi dari suatu gejala atau sebab yang ada.

Contoh pertanyaan :
Segitiga memiliki tiga sudut, yaitu sudut 1, sudut 2, dan sudut 3. Jika ketiga sudut itu di gabungkan akan membentuk garis lurus. Berapakah besar jumlah ketiga sudut segitiga tersebut?

Source: Jenis-jenis Pertanyaan Berorientasi HOTS dan Contohnya

3. Pertanyaan Transfer

Apabila dua macam pertanyaan sebelumnya merupakan upaya untuk mendalami masalah atau hakekat sesuatu, pertanyaan transfer merupakan upaya untuk memperluas wawasan. Biasanya di awali dengan kata apa atau bagaimana.

Contoh pertanyaan :
Semua benda yang jatuh di Bumi akan menuju pusat bumi. Bagaimana jika benda jatuh pada planet mars?

4. Pertanyaan Hipotetik

Pertanyaan hipotetik di kenal juga sebagai pertanyaan tentang hipotesis, generalisasi, dan kesimpulan. Hipotesis dalam pertanyaan tersebut memiliki arah untuk mendorong peserta didik melakukan prediksi atau peramalan dari sesuatu permasalahan yang di hadapi dan/atau mengambil kesimpulan untuk generalisasi. Hipotesis dan kesimpulan ini merupakan hasil pemahaman permasalahan di tambah data atau informasi yang telah dimiliki dan/atau data yang sengaja telah di peroleh untuk mengkaji permasalahan tersebut lebih jauh.

Contoh pertanyaan :
Apakah Covid-19 akan berkurang jika masyarakat melakukan pembatasan dalam beraktivitas?

Itulah jenis-jenis pertanyaan dalam soal HOTS, semoga membantu!

Baca juga: Tips Belajar Efektif dan Mudah Fokus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.