Keahlian Bisa Didapat dengan Tekad dan Kerja Keras!

oleh -50 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Keahlian adalah yang membedakan amatir dari master sejati di hampir semua bidang, dari kedokteran hingga sains, olahraga, hingga pertunjukan artistik. Gagasan tentang apakah para expert “di lahirkan” atau “di buat” berkaitan dengan perdebatan alam versus pengasuhan dalam psikologi. (herdi)

Apakah genetika atau pengalaman lebih berperan dalam membentuk siapa kita? Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak perhatian yang di berikan pada aspek debat yang “di buat”. Keahlian di peroleh melalui praktik khusus, saran banyak pakar di bidangnya.

Apa Tepatnya Keahlian?

Beberapa komponen penting dari keahlian adalah pengetahuan, keterampilan, dan prestasi. Orang yang menjadi expert cenderung memperoleh kumpulan pengetahuan yang menjadikan mereka salah satu individu yang paling terinformasi di bidangnya. Mereka juga memiliki keterampilan yang mereka butuhkan untuk menentukan kapan dan bagaimana memanfaatkan pengetahuan mereka. Keterampilan seperti itu sering di pelajari, tetapi mereka juga dapat di pengaruhi oleh bakat dan kemampuan alami.

Adakah yang Bisa Menjadi expert?

Hanya menghabiskan 10.000 jam untuk melatih hal yang sama berulang-ulang tidak cukup untuk menjadi expert sejati. Sebaliknya, latihan yang terkonsentrasi, terarah pada tujuan, dan di sengaja yang memperluas kemampuan Anda di luar zona nyaman Anda adalah apa yang harus Anda kejar jika Anda ingin mendapatkan keahlian di bidang apa pun.

Jadi bisakah Anda benar-benar menjadi expert dalam segala hal selama Anda bersedia mencurahkan waktu dan tenaga untuk itu? Ini adalah pertanyaan yang terus di renungkan oleh psikolog, meskipun ada sedikit keraguan bahwa berlatih secara teratur akan mengarah pada peningkatan keterampilan dan pengetahuan. Apakah Anda akhirnya bisa menjadi master sejati dalam domain tertentu itu adalah sesuatu yang mungkin hanya di ketahui setelah Anda mencobanya.

Bagaimana Mendapatkan Keahlian

Jadi apa yang benar-benar di perlukan untuk mendapatkan keahlian sejati? Langkah-langkah apa yang perlu Anda ikuti untuk menjadi seorang expert?

Dibutuhkan Kerja keras

Sementara aturan 10.000 jam lebih merupakan mitos pop-psych daripada kenyataan, ada satu aspek dari gagasan yang akurat — menjadi seorang expert membutuhkan banyak usaha. Orang-orang yang menjadi expert di bidang apa pun mencurahkan banyak waktu, energi, dan kerja keras untuk mempelajari dan mempraktikkan keterampilan mereka. Jika Anda ingin menguasai sesuatu, Anda harus bersedia meluangkan waktu.

Butuh tantangan

Latihan sangat penting untuk mengembangkan keterampilan, tetapi menjadi seorang expert membutuhkan terus-menerus menantang diri Anda untuk berbuat lebih baik, belajar lebih banyak, dan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Cukup dengan melatih keterampilan yang sama berulang-ulang akan membuat Anda lebih baik di bidang tersebut, tetapi itu tidak akan menghasilkan keahlian yang sebenarnya.

Dibutuhkan Latihan yang Disengaja

Satu studi menemukan bahwa dari tiga jenis persiapan belajar yang berbeda, latihan yang di sengaja adalah yang paling efektif. Para peneliti mengamati peserta National Spelling Bee dan membandingkan metode belajar dengan kinerja. Latihan yang di sengaja, yang di definisikan sebagai mempelajari dan menghafal kata-kata saja, lebih efektif daripada membaca untuk kesenangan dan di tanyai oleh orang lain sebagai metode belajar.

Menariknya, latihan yang di sengaja juga di nilai sebagai teknik belajar yang paling tidak menyenangkan dan paling sulit. Peserta yang bertahan dengan teknik ini juga memiliki tingkat sifat kepribadian yang lebih tinggi yang di sebut grit, yang juga di kenal sebagai ketangguhan mental.

Sumber: Verywellmind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.