Kebiasaan Buruk yang Tidak Baik untuk Tubuhmu

oleh -74 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berbagai kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari dapat menentukan kualitas hidupmu. Khususnya kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kesehatan tubuh. Beberapa jenis kebiasaan ini mungkin tidak masalah jika hanya sesekali melakukannya. Namun, kebiasaan buruk yang kamu jalani secara rutin dalam jangka panjang, tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak main-main. Sebaiknya segera ubah kebiasaan buruk yang tidak baik untuk tubuhmu sebelum terlambat. Berikut dibawah ini kebiasaan buruk yang harus kita hindari. (stna)

Terlambat makan

Banyak dampak yang bisa terjadi bila kamu sering melewatkan waktu makan atau bahkan tidak makan. Seperti susah berkonsentrasi, gampang kelelahan, meningkatkan risiko tukak lambung, memperparah gejala sindrom iritasi usus, meningkatkan risiko diabetes, menambah berat badan, dan mudah sakit.

Jarang minum air putih

Air putih bermanfaat dalam menjaga fungsi sel dan organ-organ di dalam tubuh. Kurang minum air putih merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan ginjal, kulit, pencernaan, dan fungsi tubuh kita secara umum.

Sering begadang

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Kebiasaan ini akan menyebabkan kamu kurang tidur, dan telah di hubungkan dengan berbagai masalah jantung, seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Menahan bersin

Menahan bersin dapat memicu peningkatan tekanan dalam tubuh hingga 5 kali lipat, sehingga berisiko merusak organ tubuh. Udara yang terperangkap tersebut kemudian bisa kembali naik ke saluran telinga bagian dalam. Kondisi tersebutlah yang dapat menyebabkan gendang telinga pecah.

Tidak suka sarapan

Sarapan merupakan rutinitas penting untuk mengawali hari. Segelas susu, semangkuk sereal, atau roti cukup untuk memenuhi sarapan di pagi hari. Dengan sarapan tubuh memiliki cukup energi untuk bisa melakukan aktivitas sepanjang hari.

Sarapan setiap pagi di kaitkan dengan menurunnya risiko obesitas dan penyakit kronis. Saat bangun tidur, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi otot dan otak cenderung rendah. Sarapan akan membantu mengisinya kembali.

Jarang makan sayur-mayur

Sayur-mayur merupakan sumber berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jarang mengonsumsi sayur-mayur berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan dan berbagai masalah kesehatan lain yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang tidak baik untuk tubuh.

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Sering Begadang Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.