Kenapa Kita Tidak Suka Diperintah atau Diberi Tahu?

oleh -117 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anda mungkin tidak suka di beri tahu apa yang harus di lakukan, saya juga tidak. Saya bahkan tidak suka di minta melakukan sesuatu yang akan saya lakukan. Ketika saya masih kecil saya benci ketika orang tua saya meminta saya untuk membongkar mesin cuci piring ketika saya sudah berencana untuk melakukannya. (herdi)

Apa sebabnya kita memiliki reaksi negatif ini ketika orang lain mencoba mengubah perilaku kita dan kita malah tidak suka itu? Jawabannya bervariasi dari orang ke orang, tetapi ini adalah beberapa tema umum.

Kami membutuhkan otonomi.

Kebutuhan untuk menguasai tindakan kita sendiri tertanam dalam diri kita. Jadi kita melawan perasaan bahwa orang lain mengendalikan kita. Kami mulai menegaskan otonomi kami segera setelah kami mampu.

Kebutuhan kita akan rasa hak pilihan tumbuh seperti yang kita lakukan. Ini benar-benar lepas landas sekitar masa remaja, ketika remaja bergerak menuju dewasa. Dan untuk alasan yang bagus. Otonomi adalah salah satu kebutuhan psikologis mendasar kita. Otonomi yang lebih besar di kaitkan dengan semua jenis hasil yang baik, seperti berkurangnya depresi dan kecemasan.

Kami merasa tidak berdaya.

Menyerahkan otonomi kita terasa seperti memberikan kekuatan kita kepada orang lain. Sekarang mereka harus memutuskan ke mana kami pergi dan apa yang kami kenakan, dan apakah kami di izinkan memasuki toko tanpa masker.

Kekuasaan juga berarti kendali, dan di beri tahu apa yang harus di lakukan dapat terasa seperti kita memberikan kendali kepada orang lain. Menolak permintaan atau perintah orang lain dapat menjadi cara untuk mendapatkan kembali kekuatan kita, bahkan jika itu berarti bertindak melawan kepentingan diri kita sendiri. Ini yang biasanya di jadikan alasan saat seseorang tidak suka di beri tahu.

Ini menyiratkan kritik.

Ketika seseorang memberi tahu kita apa yang harus di lakukan, mereka menyuruh kita menghentikan apa yang sedang kita lakukan atau melakukan sesuatu yang tidak kita lakukan. Jadi tentu saja rasanya seperti kami di kritik, yang tidak di nikmati oleh siapa pun yang saya kenal. Inilah kenapa saya tidak suka di beri tahu seseorang, seakan-akan saya yang salah dan mereka benar.

Kami menghargai individualisme.

Akhirnya, banyak dari kita bangga dengan individualisme kita. Kami ingin membuat keputusan sendiri, dan menonjol dari yang lain. Mengikuti perintah kolektif seperti “berlindung di tempat” atau “memakai masker ketika Anda tidak dapat menjaga jarak” mungkin terasa seperti melepaskan bagian penting dari identitas kita.

Cara Mengatasi Rasa Tidak Suka Saat Diberi Tahu

Ada banyak cara untuk merespons ketika kita di beri tahu apa yang harus di lakukan, dari mematuhi dengan diam hingga menolak dengan keras. Prinsip-prinsip ini dapat membantu dalam menanggapi secara konstruktif:

  • Kenali Cengkeraman Ego. Ketika ego di aktifkan, akan sulit untuk berpikir jernih. Ego harus benar. Itu perlu kontrol. Dan ia ingin mempertahankan diri nya, dengan segala cara. Anda mungkin akrab dengan cengkeraman ego, bahkan jika Anda belum menyebutnya begitu.
  • Bertindak Bijaksana. Dengan memperhatikan hal-hal ini, pilihlah dengan bijak. Ikuti instruksi orang lain ketika mereka adalah kepentingan terbaik Anda, bahkan jika Anda tidak tergila-gila dengan apa yang harus di lakukan. Misalnya, ikuti tindakan pencegahan kesehatan yang wajar dalam pandemi, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.