Ketika Populasi Dunia Meningkat Tak Terkendali

oleh -39 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai manusia tentunya menyadari bahwa bumi merupakan tempat yang ideal untuk ditempati. Hal ini membuat tahun demi tahun populasi manusia pun kian meningkat. Apalagi dengan tingkat kelahiran yang juga semakin tinggi. (az)

Meski mungkin kabar mengenai kelahiran termasuk ke dalam berita bahagia, tapi faktanya tidak selalu demikian. Justru apabila bumi terus mengalami peningkatan populasi secara berlebihan, maka bukan tidak mungkin akan ada banyak risiko yang dapat terjadi di masa depan.

Lantas, apa yang akan terjadi jika populasi di dunia meningkat hingga tak terkendali? Berikut lima dampaknya.

1. Bahaya kelaparan bagi banyak manusia

Manusia dapat bertahan hidup dengan mengonsumsi aneka sumber daya yang ada di dunia, entah itu air, tumbuhan, atau bahkan hewan. Semua sumber daya yang ada tersedia di alam tentunya bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap orangnya.

Meski demikian, dilansir Global Issues, terdapat banyak kasus kelaparan di beberapa wilayah dunia yang justru disebabkan karena kenaikan populasi secara tak terkendali selama beberapa dekade terakhir ini.

Jelas saja, ini menjadi isu yang serius karena kasus kelaparan pada negara yang mengalami over populasi tentu akan menurunkan standar dan kualitas dari yang mereka miliki.

2. Kerusakan bumi yang semakin bertambah

Tidak hanya makanan dan minuman saja yang dibutuhkan manusia, tapi tempat tinggal juga menjadi poin penting yang sering terlewatkan. Sayangnya dengan populasi yang semakin meningkat, maka lahan yang bisa digunakan untuk menjadi tempat tinggal pun kian sempit.

Dilansir BBC, manusia memiliki risiko yang serius untuk dapat melakukan kerusakan di Bumi. Hal ini termasuk dengan penebangan hutan liar sebagai upaya untuk membuka lahan. Dampaknya jelas akan membuat kerusakan bumi semakin sulit terkendali.

3. Peningkatan risiko pandemik di masa depan

Sejak COVID-19 mulai merebak ke seantero dunia, beragam sektor mengalami banyak perubahan yang signifikan. Risiko ini cukup serius karena membuat kehidupan manusia serasa sulit untuk kembali lagi ke awal.

Meski demikian, tak ada yang menyangka bahwa kenaikan populasi secara berlebihan dapat menjadi munculnya pandemi baru. Dilansir The Scotsmanover populasi merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya virus. Tidak hanya karena kebersihan yang kian menurun, tapi juga manusia jadi mengonsumsi beragam hewan liar yang tak semestinya.

4. Ketidakstabilan ekonomi yang menyebabkan kemiskinan di mana-mana

Memutuskan untuk memiliki anak banyak juga semestinya diikuti dengan usaha yang mencukupi. Bahkan ketika sudah cukup pun dan tak memiliki banyak anak, ketidakstabilan ekonomi tetap saja dengan mudah terjadi.

Hal ini juga menyebabkan kemiskinan terjadi dimana-dimana tanpa terkendali. Dilansir Ecavo, kemiskinan dapat menjadi pemancing dari salah satu risiko dari ketidak stabilan ekonomi sehingga menyebabkan banyak orang yang tak memiliki pekerjaan. Jika sudah demikian, maka akan sulit untuk menyeimbangkan antara kebutuhan ekonomi negara dan juga ambisinya.

5. Konflik yang mudah meledak

Manusia hidup berdampingan dengan segala kekurangan yang dimilikinya. Bahkan tak jarang banyak manusia yang terlibat konflik sebab hal-hal sensitif yang ada di sekitarnya.

Dikutip Active Sustainability, lonjakan penduduk yang tak terkendali akan menimbulkan konflik atau perang dari perebutan sumber daya, batas teritorial, dan masih banyak lagi. Jika sudah seperti ini, maka akan terasa sulit menemukan tempat yang aman dan minim konflik.

Memahami sulitnya berada di situasi over populasi tentu semestinya membuatmu turut serta dalam pencegahan, yaitu dengan mengikuti program keluarga berencan. Dengan demikian, konflik pun jadi tak akan terjadi. Bumi jadi lebih ramai, ya!

Source: idntimes.com

Baca juga: Pandemi Menetapkan Kita Tujuan Jangka Pendek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.