Masa Sulit Tidak Dapat Menghalangi Kebahagiaanmu

oleh -25 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagian dari menjadi manusia adalah mengalami tantangan yang diberikan kehidupan kepada Anda. Terkadang Anda siap untuk itu dan di lain waktu Anda benar-benar buta. Namun, sebesar apapun masalah yang kau hadapi, ambil hikmahnya karena pasti ada kebahagiaan di masa sulit sekalipun. (herdi)

Namun, Anda mendapat masalah saat memikirkan betapa tidak menyenangkannya perasaan Anda. Meskipun menemukan sedikit kegembiraan di tengah kekacauan mungkin terasa tidak masuk akal, seringkali itu adalah saat Anda paling membutuhkannya.

Jadilah Fleksibel dan Tangguh Di Masa Sulit

Ironisnya, pengalaman sulit bahkan dapat berkontribusi untuk menemukan kebahagiaan ketika Anda mengambil pendekatan yang tepat dan memiliki pola pikir yang positif. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa fleksibilitas psikologis, kemampuan untuk terbuka dan beradaptasi dengan tuntutan hidup, dapat bermanfaat bagi kesejahteraan psikologis Anda.

Jika Anda menghadapi tantangan dan ingin membangun ketahanan dan fleksibilitas untuk membantu mengatasinya, langkah pertama yang baik adalah melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa baik. Melakukan tindakan—sekecil apa pun—yang membawa kebahagiaan akan mempersingkat durasi penderitaan Anda. Mengapa memperpanjang rasa sakit ketika ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk merasa lebih baik, terlepas dari keadaan eksternal? Berikut ini adalah 3 cara untuk merasa lebih bahagia ketika masa sulit.

1. Kelilingi Diri Anda dengan Teman dan Keluarga

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Psikologi Perkembangan menemukan bahwa ketika siswa kelas lima dan enam tidak memiliki sahabat yang hadir selama pengalaman negatif, tingkat kortisol mereka meningkat, dan harga diri mereka menurun. Sedikit perubahan yang terjadi ketika seorang sahabat hadir, menunjukkan bahwa teman-teman berfungsi sebagai penyangga yang kuat terhadap stres.

Teman dan keluarga harus mengangkat Anda, menyalakan kegembiraan, dan membuat hidup Anda lebih baik hanya dengan menjadi bagian darinya. Jika perusahaan yang Anda pertahankan cenderung menjatuhkan Anda dan menambah stres dalam hidup Anda, Anda mungkin perlu mengevaluasi kembali hubungan tersebut.

2. Nikmati Hal-Hal Sederhana

Saat Anda mengalami masa sulit—entah itu finansial, emosional, atau lainnya—Anda mungkin tidak memiliki dana, energi, atau waktu untuk melakukan hal-hal yang dulu Anda cari kesenangannya. Liburan mungkin perlu direncanakan untuk sementara waktu. Perjalanan ke spa untuk sedikit perawatan diri mungkin tidak mungkin.

Dua hal yang dapat mendorong Anda untuk menikmati hal-hal sederhana: melibatkan indra dan menghubungkan. Indra Anda membantu membumikan Anda pada saat itu, apakah itu mencium aroma secangkir kopi yang kuat atau makan makanan yang lezat.

3. Berbuat Baik

Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain adalah salah satu cara paling efektif untuk merasa lebih baik. Mengambil fokus dari diri Anda sendiri dan sebagai gantinya melakukan tindakan kebaikan sederhana untuk orang lain dapat mengangkat Anda, terlepas dari tantangan yang Anda hadapi.

Seringkali ketika Anda kewalahan, Anda merasa seolah-olah Anda tidak punya waktu untuk melakukan apa pun di luar menyelesaikan masalah Anda. Mengangkat suasana hati orang lain mungkin terasa sia-sia ketika Anda merasa tidak mampu memperbaikinya sendiri.

Sumber: Chopra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.