Mengenal Ikan Hias Air Laut yang Menawan, Yellow Tang

oleh -371 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal ikan hias yang menawan, yellow tang. Ikan ini adalah salah satu jenis ikan hias air laut yang sangat populer di pelihara dalam akuarium. Dengan tubuhnya yang berbentuk oval dan berwarna kuning menyala, yellow tang mencerahkan perairan mana pun. (ree)

Seperti namanya, ikan hias ini berwarna kuning cerah. Namun saat malam hari, warna Yellow Tang justru akan memudar sebagai bentuk adaptasi agar tidak tertangkap oleh predator. Karena warnanya yang mencolok, ikan Yellow Tang diminati oleh para pecinta ikan hias dan dipelihara dalam akuarium.

Baca juga: Dottyback Ikan Hias yang Menggemaskan

Yellow Tang Fish atau Zebrasoma flavescens merupakan jenis ikan hias air laut yang termasuk ke dalam family surgeonfish.Keberadaan spesies Zebrasoma flavescens tersebar di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia bagian barat Hawaii juga bagian timur Jepang. Mayoritas ikan Yellow Tang yang dibudidayakan berasal dari Hawaii. Di Hawaii sendiri, jika ingin memelihara ikan ini harus mendapatkan ijin terlebih dahulu karena keberadaannya yang sangat penting untuk ekosistem laut.

Karakteristik Yellow Tang

Di habitat aslinya, di laut ikan ini bisa tumbuh sampai 8 inchi (20 cm). Namun bila di pelihara dalam akuarium dia akan tumbuh sekitar 2 – 4 inchi. Untuk umur, ikan ini bisa mencapai 30 tahun jika di laut lepas. Kalau di pelihara dalam akuarium besar, ikan ini bisa mencapai umur sekitar 20 tahun, itu tergantung bagaimana kita merawatnya.

Sama seperti blue tang, ikan ini cukup agresif. Jika ingin memeliharanya, siapkan satu akuarium untuk satu ikan yellow tang. Ikan ini memiliki karakter semi agresif, yang artinya mereka terkadang bisa di satukan dengan ikan yang lebih kecil seperti Chromis Damsels atau Clown Fish. Di butuhkan akuarium yang cukup besar bila ingin memelihara ikan ini, karena itu bisa menghindari ikan dari stres, dan membuat ikan lebih leluasa bergerak.

Jenis makanan untuk ikan Yellow Tang antara lain alga, telur-telur ikan, ataupun tanaman laut lainnya. Bahkan di alam liar, ikan ini biasa menjadi pembersih cangkang kura-kura atau penyu.

Untuk perawatan terbaik, tempatkan ikan dalam akuarium berukuran minimal 100 galon. Akuarium yang besar akan membuat si kuning menggemaskan ini leluasa berenang ke sana ke mari. Jangan lupa juga tempatkan bebatuan cantik di dalamnya, agar sesuai dengan habitatnya di kawasan terumbu karang.

Bagaimana, apakah kamu ingin memelihara ikan yang satu ini???