Mengenal si Cantik dan Memesona Ikan Mandarin

oleh -244 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal si cantik dan memesona ikan mandarin. Ikan mandarin adalah salah satu jenis ikan hias air laut yang cantik dan begitu menarik. Dengan corak dan warna yang mencolok pada bagian tubuhnya, membuat ikan ini terlihat begitu cantik dan banyak yang suka. (ree)

Ikan Mandarin atau Mandarin fish adalah ikan berukuran kecil yang memiliki warna yang mencolok. Ikan ini berasal dari kepulaun Ryukyu selatan Australia yang memiliki garis bergelombang berwarna oranye dengan latar belakang biru yang merupakan warna dominan. 

Baca juga: Mengenal Axototl, Hewan Lucu Dari Meksiko

See the source image
Mandarin jantan cenderung lebih besar dan lebih kuat daripada betina, ikan ini memiliki kulit tebal dan berlendir.

Habitat asli hewan indah ini sebenarnya adalah Samudra Pasifik yang terbentang dari Kepulauan Ryukyu, Jepang, hingga perairan Australia. Ikan yang sangat terkenal akan kecantikannya ini biasanya di gemari sebagai ikan akuarium.

Ikan ini memiliki kepala agak lebar, badan cenderung compresed, tubuhnya dipenuhi perpaduan warna cerah seperti biru dengan orange merah dan kuning dengan motif bergelombang.

See the source image

Warna pada tubuh ikan mandarin memang sangat mencolok dan tajam. Warna-warnanya membuat banyak orang menjadi tertarik untuk menjadikan ikan mandarin sebagai hewan peliharaan dan disimpan di dalam akuarium di rumah. Padahal, sebenarnya perawatan hewan ini cukup rumit, lho. Ikan mandarin tidak bisa asal memilih makanan, mereka hanya mau memakan krustasea kecil, protozoa, dan cacing-cacing kecil. 

Kemudian ikan mandarin ini selalu bergerak secara perlahan-lahan dan ia juga salah satu ikan yang sangat pasif. Ikan mandarin sering berenang dengan menggunakan sirip pelvisnya yang besar dan menyerupai kipas. Biasanya, mereka berenang secara berpasangan atau berkelompok. 

Ikan ini memiliki warna yang paling identik warna tersebut adalah oranye, hijau, hitam, dan putih. Biasanya, kekuatan warna itu akan semakin pekat saat ikan berusia dewasa di atas 1–2 tahun.

Bagaimana, apakah kamu ingin memelihara ikan yang satu ini???

Sumber: Ikan Mandarin, si Mungil dengan Warna Memesona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.