Menyimpan Dendam Lama-Lama, Ini Dampaknya!

oleh -36 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun kita sering tidak suka mengakuinya, menyimpan dendam adalah cara umum yang dilakukan beberapa orang untuk menanggapi perasaan bahwa mereka telah di aniaya. (herdi)

Apakah Menyimpan Dendam Itu Berbahaya?

Pada dasarnya, menyimpan dendam tidak baik untuk Anda. Ini menjerat Anda dalam kemarahan dan membuat Anda rentan terhadap perenungan terus-menerus daripada bergerak maju dengan hidup Anda. Anda mungkin berpikir bahwa menyembunyikan niat buruk merugikan orang yang membuat Anda marah, tetapi pada akhirnya Andalah yang menderita karenanya.

Dendam tidak menyelesaikan masalah Anda dan sangat tidak mungkin membuat Anda merasa lebih baik. Jelas, hal ini bisa merugikan dan menyakitkan bagi orang yang menyimpannya—sama seperti rasa sakit yang mengilhaminya.

Efek Kesehatan Mental

Menyimpan dendam dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda dalam berbagai cara. Yang terpenting, menyembunyikan kemarahan pada umumnya hanya akan membuat Anda merasa lebih marah.

 Alih-alih menerima dan beralih dari pengalaman negatif atau menemukan resolusi yang dapat di terima, bertahan dapat menjebak Anda dalam lingkaran kebencian, kepahitan, keputusasaan, kekosongan, atau kemarahan.

Sederhananya, menyimpan perasaan negatif secara alami membuat Anda lebih terpapar pada emosi dan pikiran yang lebih tidak menyenangkan ini. Yang dapat mencondongkan pola pikir Anda ke arah negatif, baik secara perlahan atau dalam pergeseran cepat. Dan fokus pada hal-hal negatif dapat mengurangi kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Selain itu, jika Anda pada akhirnya membesar-besarkan pengalaman atau masalah dalam pikiran Anda, yang cukup umum. Tindakan menyimpan dendam bahkan bisa menjadi lebih menyakitkan daripada peristiwa itu sendiri. Dan sayangnya, ini adalah luka yang di timbulkan sendiri yang kemungkinan hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk.

Kebencian yang menumpuk dan kemarahan internal yang tidak di sensor menciptakan potensi tambahan stres, kekhawatiran, pembelaan diri, agresi, dan negativitas. Yang juga dapat meningkatkan kecenderungan Anda untuk masalah kesehatan mental, seperti:

  • Kecemasan
  • Perilaku agresif
  • Depresi
  • Disregulasi emosi

Kemungkinan Manfaat Menyimpan Dendam

Bagi sebagian orang, menyimpan dendam mungkin merupakan langkah pertama dalam menerima dan mengakui perasaan mereka kepada diri mereka sendiri dan/atau kepada orang yang mereka rasa bersalah.

Meskipun biasanya lebih baik untuk mengatasi perasaan Anda secara langsung dan, berpotensi, untuk mendiskusikan masalah ini secara langsung dengan orang yang membuat Anda kesal. Menyimpan dendam mungkin lebih mungkin untuk membuat bola bergulir di front tersebut daripada sepenuhnya mengabaikan situasi atau respons emosional Anda. sama sekali.

Orang sering ingin seseorang untuk disalahkan bahkan jika tidak ada yang benar-benar bersalah, yang dapat menambah daya tarinya. Terutama jika Anda menyimpan perasaan Anda untuk diri sendiri dan akhirnya membiarkan mereka pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.