,

Mere Exposure Effect! Ketahui Seberapa Penting Itu

oleh -158 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kalian pasti pernah merasa familiar dengan suatu hal atau kegiatan yang pernah kalian alami. Karena merasa familiar dengan hal tersebut, bisa dengan mudah melakukan pekerjaannya karena sudah kalian lakukan sebelumnya. Peristiwa iini di namakan Mere Exposure Effect. (herdi)

Mere exposure effect menggambarkan kecenderungan kita untuk mengembangkan preferensi untuk hal-hal hanya karena kita akrab dengan mereka. Untuk alasan ini, ini juga di kenal sebagai prinsip keakraban.

Efek Mere Exposure Effect pada individu

Efek paparan belaka dapat mengakibatkan pengambilan keputusan yang kurang optimal. Keputusan yang baik di buat dengan mengevaluasi semua kemungkinan tindakan berdasarkan keefektifannya, bukan keakrabannya. Saat memutuskan di antara alternatif, kita tidak boleh memilih opsi yang sudah di kenal, kita harus memilih opsi terbaik. Ini karena terkadang pilihan terbaik bukanlah yang paling familiar.

Mengapa itu terjadi?

Kita tidak perlu menyadari hal-hal yang kita hadapi agar keakraban mereka berdampak pada preferensi kita terhadap mereka. Faktanya, para peneliti telah menemukan bahwa efeknya lebih kuat ketika kita tidak menyadari suatu stimulus.

Ada dua alasan utama mengapa kita mengalami mere exposure effect:

1.      Ini mengurangi ketidakpastian

Kurang yakin tentang sesuatu ketika kita akrab dengannya. Kita di program oleh evolusi untuk berhati-hati dengan hal-hal baru karena mereka dapat membahayakan kita. Saat kita melihat sesuatu berulang kali tanpa menyadari konsekuensi buruknya, kita dituntun untuk percaya bahwa itu aman. Bayangkan Anda adalah manusia gua, dan menemukan dua buah: satu yang pernah Anda lihat sebelumnya, dan satu yang belum pernah Anda lihat.

2.      Itu membuat pemahaman dan interpretasi lebih mudah

Dalam apa yang di kenal sebagai “kefasihan persepsi”, kita lebih mampu memahami dan menafsirkan hal-hal yang telah kita lihat sebelumnya. Pertimbangkan ini: bagi kebanyakan dari kita, film dengan alur cerita yang rumit biasanya lebih mudah di pahami saat kita menontonnya untuk kedua kalinya.

Mengapa Mere Exposure Effect penting?

Kita harus berusaha menghindari mere exposure effect karena dapat membuat kita kehilangan informasi dan peluang berharga yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Efek ini menarik kita ke familiar, dan seperti yang di sebutkan sebelumnya, familiarity bukanlah dasar yang baik untuk mengevaluasi sesuatu. Terkadang pilihan baru memang merupakan pilihan terbaik. Memprioritaskan yang sudah di kenal mencegah kita menjelajah ke perairan yang belum di petakan ini. Hal ini dapat menyebabkan kita membuat keputusan yang tidak tepat, dan mencegah kita menangkap peluang baru.

Hasilnya, apakah efek ini bisa membuat kita lebih berpikiran sempit dan menghambat pertumbuhan pribadi. Berpegang teguh pada apa yang kita ketahui dan lihat secara teratur mencegah kita terbuka terhadap pandangan baru dan menempatkan diri kita dalam situasi yang tidak nyaman dan asing yang memaksa kita untuk menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.