Mitos Tentang Menstruasi Check!

oleh -37 views
source pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berbagai macam mitos tentang menstruasi yang beredar membuat kebanyakan wanita khawatir dan jadi tidak bebas melakukan banyak hal saat sedang menstruasi. Tapi tidak semua mitos tersebut benar lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. (stna)

1. Mitos menstrual synchrony

Menstrual synchrony disebut juga dengan McClintock Effect adalah salah satu mitos menstruasi yang cukup terkenal di dunia Internasional. Melansir dari Human Reproduction Journal dari Oxford, menstrual synchrony adalah anggapan bahwa ketika seorang wanita berinteraksi dengan wanita lain secara intens maka periode menstruasinya cenderung sama (barengan).

2. Tidak boleh berenang saat menstruasi

Banyak anggapan bahwa tekanan air pada kolam renang dapat menghentikan siklus menstruasi. Padahal, berenang tidak akan menyebabkan apapun pada seseorang yang sedang menstruasi. But, pilihlah waktu berenang di saat darah haid sudah tidak banyak.

3. Larangan keramas

Mitos itu beredar karena jika sedang menstruasi, pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar sehingga rentan mengalami sakit kepala. Namun, sakit kepala tersebut berkaitan dengan PreMenstrual Syndrome (PMS), bukan di sebabkan oleh keramas. Keramas justru kita butuhkan untuk menjaga kebersihan organ tubuh. Kalau rambut bersih dan wangi, anda tentu juga lebih nyaman dan percaya diri, bukan?

4. Minum soda mempercepat menstruasi

Jadi, mitos soal minum soda bisa memperlancar menstruasi sampai saat ini tidak bisa di buktikan kebenarannya secara ilmiah. Kenapa? Karena pada dasarnya seseorang yang mengonsumsi suatu makanan atau minumanakan berjalan masuk ke lambang dan usus. Sementara menstruasi terjadi di rahim atau saluran reproduksi. Jadi, tidak ada hubungannya antara lambung dengan saluran reproduksi.

5. Anggapan bahwa menstruasi adalah cara tubuh membersihkan diri

Darah haid seringkali kita sebut sebagai ‘darah kotor‘, sehingga haid dianggap sebagai cara bagi tubuh untuk ’membersihkan’ diri setiap bulan. Padahal menurut Maria Sophocles, M.D dokter kebidanan dan kandungan dari Penn Medicine Princeton mengatakan jika dilihat secara teori, anggapan tersebut adalah salah lho gurls!

6. Tidak boleh olahraga saat menstruasi

Sebagian orang juga beranggapan bahwa wanita yang sedang haid tidak boleh berolahraga. Lho, kenapa? Karena berolahraga saat haid dapat membuat wanita lemas. Padahal olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam, yoga, dan bersepeda justru dianjurkan untuk meredakan rasa kram di perut. Tapi tetap tidak boleh berolahraga yang berat-berat.

7. Minum air dingin menunda datangnya menstruasi

Katanya sih karena akan membeku ’kedinginan’ dan dinding rahim mengeras. Faktanya, minuman dingin tidak berpengaruh apapun pada kelancaran atau terhambatnya menstruasi seseorang. Hal ini karena haid berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minum dan makan berhubungan dengan sistem pencernaan, simple kan gurls!

Nah mulai sekarang, jangan sampai terpengaruh mitos menstruasi yang belum jelas kebenarannya yaa! Lebih baik kalian research dan make sure terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Makanan Ini Pereda Rasa Sakit Saat Haid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.