Perilaku Buruk yang Merugikan Masa Depan Kamu

oleh -55 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu pernah mendengar nasihat apa yang ditanam pasti akan dituai? Sebaris nasihat ini tentu sudah tidak asing lagi. (az)

Mau tidak mau kamu harus siap menanggung segala konsekuensi dari apa yang telah dilakukan. Baik itu yang menyangkut perilaku baik maupun buruk, semua ada risikonya masing-masing.

Meskipun begitu, semua kembali kepada diri kita sendiri. Menjadi orang yang mempertahankan perilaku buruk, tentu juga harus siap dengan segala dampak negatif yang bakal ditanggung.

Kira-kira perilaku buruk seperti apakah yang akan membuatmu merugi di masa depan? Berikut ini penjelasannya.

1. Suka menunda-nunda

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Merugi di Masa Depanilustrasi menyangga dagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menunda-nunda memang jadi kebiasaan yang susah dihilangkan. Bahkan ini sudah menjadi kebiasaan buruk yang dianggap wajar oleh banyak orang. Rasanya mau bangkit dan mulai beraktivitas sungguh berat. Dengan dalih masih ada cukup banyak waktu, pada akhirnya semua jadi terbengkalai.

Padahal ini termasuk salah satu dari sekian perilaku buruk yang membuatmu merugi di masa depan, lho. Mungkin saat ini kamu bisa tertawa bahagia karena merasa masih punya cukup banyak waktu. Tapi begitu kesempatan itu habis atau terlewat, yang tersisa hanyalah penyesalan mendalam.

2. Boros

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Merugi di Masa Depanilustrasi belanja (pexels.com/Max Fischer)

Pernahkah kamu terjebak dalam perilaku boros? Rasanya senang sekali membelanjakan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Apalagi jika kamu sedang membuka aplikasi belanja online dan menjumpai barang-barang lucu disertai diskon atau promo yang cukup menggiurkan.

Boros menjadi salah satu perilaku yang berpotensi membuatmu menanggung kerugian di masa depan. Saat ini mungkin kamu belum merasakan akibatnya. Tapi kelak ketika kondisi keuangan sudah tandas tak bersisa, tentu kamu berharap bisa kembali ke waktu sebelumnya dan mengelola uang sebaik mungkin.

3. Hobi pamer satu sama lain

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Merugi di Masa Depanilustrasi berpesta (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Siapa sih yang tidak tahu dengan kebiasaan satu ini? Bahkan di mana pun berada, kamu pasti akan berjumpa dengan perilaku tersebut. Hanya karena ingin dipandang unggul dan terhormat, pada akhirnya kamu justru terjebak dalam perilaku saling pamer antar sesama teman.

Meskipun terlihat sepele, tapi hobi pamer bisa menjadi salah stau dari perilaku yang membuatmu merugi di kemudian hari, lho.

4. Bermalas-malasan

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Merugi di Masa Depanilustrasi bermalasan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbicara tentang perilaku bermalasan, setiap dari kamu rasanya pasti pernah terjebak dalam kondisi tersebut. Entah itu hanya sekali, dua kali atau justru berkali-kali.

Malas memang sudah menjadi hal yang dianggap lumrah oleh banyak orang, tidak terkecuali dengan dirimu. Padahal bermalas-malasan menyimpan dampak buruk tersendiri yang siap tidak siap harus ditanggung di kemudian hari.

Akibat memanjakan rasa enggan, pada akhirnya justru semakin banyak pekerjaan menumpuk dan berakhir terbengkalai. Jika hal ini sampai terjadi, sudah pasti yang akan merugi adalah diri sendiri.

5. Tidak bisa memegang ucapan

5 Perilaku Buruk yang Bikin Kamu Merugi di Masa Depanilustrasi mengobrol (pexels.com/Fauxels)

Setiap perkataan yang keluar dari mulut ibarat anak panah yang jika meleset bisa menyakiti hati dan perasaan orang lain. Tentu kamu sudah sering mendengar banyaknya nasihat untuk menjadi manusia yang bisa menjaga ucapan kapan dan di mana pun berada.

Lantas, apa yang akan terjadi jika kamu tidak mampu memegang ucapan? Sudah pasti ini akan membawa kerugian bagi diri sendiri. Integritas dan wibawamu di mata orang lain akan turun sehingga dipandang sebelah mata.

Baca juga: Perilaku Buruk Seseorang Hancurkan Harimu? Sabar!

Setiap apa yang kamu perbuat tentu memiliki konskuensinya masing-masing. Mengetahui akan kenyataan tersebut, apakah kamu masih berniat membudayakan lima perilaku buruk di atas? Pikirkan baik-baik, ya.

Spurce: idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.