,

Psikologi Uang! Peran Psikologi dalam Keuangan

oleh -87 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu berpikir kekuatan uang di dunia ini? Uang memang bukan segalanya, tapi kita harus paham kalau semuanya membutuhkan uang. Bisa di bilang semua hal yang menyangkut tentang uang sudah tidak lagi rasional. Di artikel ini akan menjelaskan psikologi uang, bagaimana kita mengatur keuangan dan bagimana psikologi mempengaruhi uang Anda. (herdi)

Apa Psikologi Uang?

Psikologi uang adalah studi tentang perilaku kita dengan uang. Sukses dengan uang bukan tentang pengetahuan, IQ atau seberapa baik Anda dalam matematika. Ini tentang perilaku, dan setiap orang rentan terhadap perilaku tertentu dibandingkan orang lain. Begitu Anda menyadari kecenderungan Anda, Anda dapat memanfaatkan kekuatan pikiran Anda sendiri, pikiran Anda, dan kehendak Anda—dan Anda benar-benar dapat mengubah hidup Anda.

3 Cara Psikologi Mempengaruhi Uang Anda

Saya suka menggali kecenderungan uang dan bagaimana uang dimainkan dalam cerita seseorang. Seperti yang saya katakan sebelumnya, setiap orang berbeda, dan tidak satu pun dari kecenderungan ini benar atau salah. Begitulah cara Anda terhubung secara alami. Berikut adalah empat hal yang saya ingin Anda identifikasi dalam pola pikir uang Anda:

1. Pemboros vs. Penghemat

Kebanyakan orang merasa cukup mudah untuk menentukan apakah mereka pemboros atau penabung. Pembelanja dapat melihat begitu banyak kemungkinan kreatif dalam hal uang. Ini benar-benar kita!

Di sisi lain, insting pertama seorang penabung adalah tidak membelanjakan uangnya. Mereka merasa jauh lebih baik memiliki uang yang tersimpan. Penabung sabar dan bersedia menunggu untuk melakukan pembelian. Apa yang berbahaya bagi pemboros dan penabung keduanya akan menjadi ekstrem. Sebagai pemboros, jika Anda menghabiskan semua yang Anda hasilkan, Anda akan bangkrut. Dan penabung, jika Anda menyimpan semua yang Anda buat, Anda akan kehilangan banyak pengalaman menyenangkan yang membawa kegembiraan dalam hidup Anda.

2. Kutu Buku Vs kebebasan

Jika Anda berjiwa bebas, membaca kata anggaran saja mungkin membuat Anda kewalahan, tetapi kategori belanja dan hiburan pada dasarnya adalah bahasa cinta Anda. Roh bebas suka menjalani hidup sepenuhnya!

Kutu buku membutuhkan semangat bebas untuk menyuntikkan uang kesenangan ke dalam anggaran untuk kategori yang tidak penting, seperti kencan malam, liburan, dan pesta ulang tahun.

Berjiwa bebas membutuhkan kutu buku untuk membantu mereka membuat anggaran yang realistis. Suami saya, Winston, adalah seorang kutu buku, dan saya suka perhatiannya terhadap detail dan fakta bahwa dia tahu apa yang sedang terjadi.

Sebelum Anda berasumsi bahwa orang yang lebih cenderung menghemat uang adalah kutu buku, dan orang yang suka belanja adalah orang yang berjiwa bebas, coba tebak lagi.

3. Keamanan vs. Status

Apakah Anda secara finansial termotivasi oleh keamanan atau status? Jujurlah dengan diri sendiri Bagian ini adalah kunci untuk membuat psikologi uang bekerja untuk Anda.

Orang-orang yang menghargai keamanan menginginkan keamanan yang dapat diberikan oleh uang. Apa-apa saja yang bisa di belikan dengan uang, mereka akan melakukan apa saja demi mendapatkan uang itu. Entah akan di pakai untuk asuransi, membeli makanan, atau biaya pokok lainnya. Hanya saja kalian yang dalam tipe ini harus hati-hati karena hidup kalian akan dipenuhi ketakutan.

Jika uang adalah tentang status seseorang, begitulah cara mereka mengukur kesuksesan. Jumlah uang yang mereka miliki mempengaruhi jenis rumah yang mereka tinggali, kegiatan yang mereka lakukan, dan kemampuan mereka untuk pergi berlibur impian itu.

Dengan memhami psikologi uang ini kalian bisa mengerti bagaimana uang bisa mengandalikan kita dan bisa saja kita hanya hidup untuk uang. Itu semua bisa terjadi karena kita semua berbeda, hidup di lingkungan, cara asuh, orang tua, pemikiran, dan pergaulan yang berbeda. Dengan alasan itu cukup bagi seseorang di manipulasi oleh uang, bahkan sampai mempertaruhkan nyawa.

Sumber: Ramseysolutions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.