Sang Predator Dari Amerika, Ikan Oskar

oleh -131 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sang predator dari amerika, ikan oskar. Ikan oscar salah satu jenis ikan hias yang banyak di gemari oleh kalangan Aquarist, karena ikan ini memiliki komposisi warna dan karakteristik yang menarik. (ree)

Ikan oscar sudah cukup terkenal di kalang pehobi ikan hias dan keluarga dari cichlid yang nama latin ikan oscar adalah Astronotus ocellatus. Ikan ini berasal dari Amerika Serikat dengan bentuk tubuh pipih ke samping dan sirip punggung yang lebar hingga hampir memenuhi bagian punggung.

Baca juga: Mengenal Ikan Molly si Kecil dari Meksiko

Astronotus ocellatus.jpg

Seperti halnya ikan oscar terkenal dengan corak pada tubuhnya, sifat cenderung galak/predator yang cedas. Meskipun begitu ikan ini justru tidak sepi peminatnya, bahkan semakin banyak orang yang ingin memeliharanya.

Karakteristik Ikan Oskar

Di habitat aslinya, ikan ini gemar memakan ikan-ikan kecil ataupun serangga air. Lantas bagaimana jika kita memeliharanya di dalam aquarium? Dalam merawat ikan oscar, tentu kita perlu memperhatikan kebutuhan ataupun asupan nutrisi yang akan diberikan. Dengan begitu kesehatan dan pertumbuhan si Oscar akan berjalan dengan baik dan lancar.

Ikan oscar berdasarkan siripnya di bagi menjadi dua jenis, yaitu oscar yang dengan sirip yang panjang dan oscar dengan sirip yang pendek. Hal yang menjadi daya tarik bagi para pehobi ikan hias adalah bagian badannya yang memiliki corak batik atau seperti bercak-bercak. Sedangkan ikan oscar berdasarkan warnanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu oscar cokelat dan oscar putih (albino).

Umur ikan oscar lumayan panjang, pada umumnya ikan oscar dapat hidup hingga umur 10 sampai 12 tahun. Ikan oskar mendominasi akuarium, bahkan sering ikan oscar menakut – nakuti ikan hias lain. Tidak jarang juga ikan oscar memakan ikan hias yang berukuran kecil. Dari semua itu, jenis ikan ini termasuk mudah untuk dipelihara, karena dapat bertahan hidup dalam segala kondisi air.

Jenis-Jenis Ikan Oscar

  • Oscar Tiger

Jenis yang pertama yang paling banyak peminatnya adalah oscar tiger untuk membedakannya dengan melihat warna pola bagian kulit ikan. Oscar tiger ini memiliki warna yang terkesan garang seperti menyerupai harimau, karena warnanya hitam dengan pola kemerahan atau orange terang.

  • Oscar Red

Jenis red ini memiliki keunikan tersendiri pada bagian warna siripnya. Pasalnya warna sirip pada oscar red dapat berubah menjadi hitam seiring bertambahnya usia dari ikan tersebut.

  • Oscar Albino

Selanjutnya jenis yang tidak melalui persilangan atau jenis asli yaitu oscar albino. Persis dengan namanya albino, maka seluruh tubuhnya berwarna putih dan terdapat pola warna orange atau merah. Hal yang menarik dari oscar albino adalah polanya, karena berbeda dengan jenis pada umumnya. Sehingga membuatnya lebih unik dan sangat terkenal daripada yang lain. 

  • Oscar Batik

Kebanyakan orang mengira oscar batik memiliki kemiripan dengan oscar tiger, tetapi pada dasarnya kedua jenis tersebut sangat berbeda. Oscar batik memiliki warna dengan corak yang hampir sama dengan tiger. Namun, dari segi ukuran cukup jauh berbeda sehingga tidak heran banyak yang mengatakan kedua jenis ini berasal dari kawin silang yang sama. Tetapi, warna corak batik lebih dominan ke arah warna hitam tentu dengan pola bintik-bintik orange.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.