Si Ikan Hias Bidadari Air Tawar, Angelfish

oleh -137 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Si ikan hias bidadari air tawar, angelfish. Setiap orang memiliki hobi yang berbeda di antaranya ialah memelihara berbagai jenis hewan termasuk hewan yang ada di dalam akuarium. (ree)

Ikan hias yang memiliki berbagai bentuk yang unik dan indah salah satunya yaitu ikan angelfish atau manfish. Ikan manfish ini salah satu ikan yang sangat populer di kalangan hobbies ikan hias. Nama ilmiah dari ikan manfish ialah Pterophyllum.

Baca juga: Ikan Endemik Indonesia yang Menggemaskan

Ikan bidadari adalah spesies ikan dari genus Pterophyllum yang paling umum dipelihara di penangkaran. Hewan ini berasal dari Lembah Amazon di Amerika Selatan. Mereka memiliki bentuk unik dan indah yang menarik bagi hobbies ikan pemula ataupun yang sudah berpengalaman.

Karakteristik Ikan Angelfish

Karakteristik dari ikan angelfish diantaranya yaitu memiliki bentuk seperti layang-layang dengan 2 lengan sirip kebawah. Kemudian ukuran dari panjang ikan ini dapat mencapai lebih dari 15 cm dan memiliki kepala yang mengerucut serta bentuk pipih.

Ikan manfish, sering di sebut semi-agresif, angelfish umumnya damai. Akan tetapi sangat nafsu pada makanan, kamu perlu memastikan tidak ada ikan kecil lain yang tinggal bersama mereka. Mereka akan memangsa teman seakuarium jika kelaparan. Mereka juga dapat menunjukkan agresi dan menjadi teritorial selama musim kawin. Meski demikian, jika akuarium mereka cukup besar dan mereka diberi makanan yang cukup, mereka akan hidup damai di antara yang lain.

Kemudian makanan dari ikan ini berupa cacing sutra, cacing beku, jentik nyamuk, tubifex atau juga pelet dan bisa hidup antara 8 sampai 10 tahun lamanya. Lalu manfish ini menyukai akuarium yang penuh tanaman hidup.

Ikan manfish merupakan ikan yang cocok di pelihara di aquascape karena ikan ini termasuk ikan yang mudah ditemukan di penjual ikan dan juga tidak terlalu rewel dalam hal perawatan.

Ikan manfish mempunyai berbagai macam jenis warna yang berbeda-beda dan juga harga ikan manfish pun berbeda-beda tergantung jenis dan ukurannya.

Jenis Jenis Ikan Angelfish

  • Zebra Angelfish Ciri ciri ikan zebra angelfish ialah terdapat strip garis – garis hitam di tubuhnya dan memilki mata yang merah. Maka dari itu ikan manfish ini disebut dengan nama zebra karena mirip dengan motif kuda zebra. Harga ikan manfish zebra atau zebra angelfish ini berkisar 5 ribu rupiah per ekor untuk ukuran 3 centimeter. Jika di pasaran mungkin harganya berkisar 5rb – 30rb tergantung ukurannya.
  • Platinum Angelfish, Manfish platinum ini mempunyai ciri ciri warna silver di seluruh tubuhnya. Harga ikan manfish platinum ini berkisar 5rb – 25rb per ekornya tergantung ukuran.
  • Marble Angelfish, Marble manfish mempunyai ciri ciri kombinasi motif acak berwarna hitam dan putih. Harga ikan manfish marble berkisar 7rb hingga 20rb rupiah.
  • Half Black Angelfish, Manfish jenis half black ini mempunyai ciri – ciri warna hitam setengah di tubuhnya. Harga ikan manfish half black ini mulai dari 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per ekornya.
  • Koi Angelfish, Jenis ikan koi ini bukan ikan koi pada umumnya nama koi di ambil dari kombinasi warnanya yang menyerupai ikan koi jadi ikan ini di sebut angelfish koi. Harga ikan manfish koi berkisar 15rb – 75rb rupiah tergantun ukuran dan penjual.
  • Clown Angelfish, Clown angelfish ini mempunyai ciri ciri tubuh yang dominan putih dan motif bercak bercak hitam di tubuhnya.

Jika kamu gemar mengoleksi berbagai jenis ikan hias, jangan lupa untuk memelihara ikan jenis manfish yang tak kalah menawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.