Skill Komunikasi Dipengaruhi Kepercayaan Dirimu

oleh -40 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Komunikasi adalah solusi untuk begitu banyak masalah. Jadi masuk akal untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan menyadari bagaimana kepercayaan diri mempengaruhi komunikasi. (herdi)

Baca Juga: Cara Memulai Percakapan untuk Anda Social Anxiety

Pernahkah Anda mengalami keraguan atau keragu-raguan saat berkomunikasi? Saya tahu saya pernah mengalami ini dalam hidup saya. Kadang-kadang saya tidak ingin berbicara melalui ketakutan bahwa apa yang saya katakan tidak penting. Atau berpikir orang tidak akan tertarik.

Keraguan dan ketakutan lain yang dimiliki orang adalah percaya bahwa mereka akan terdengar bodoh. Ini bisa terkait subjek atau bahkan kekhawatiran tentang nada suara mereka.

Memiliki kepercayaan diri untuk berbicara, memahami orang lain, dan memiliki keterampilan komunikasi yang efektif memungkinkan Anda untuk unggul dalam pekerjaan dan interaksi sosial Anda.

Pentingnya Keyakinan Dalam Komunikasi

Saat kita berkomunikasi dengan orang lain, rasa percaya diri saat kita berbicara sangatlah penting. Jika kita berbicara dengan kurang yakin, pendengar akan menganggap kita tidak percaya pada apa yang kita bicarakan atau kita tidak yakin akan faktanya, atau tidak peduli.

Dalam Kehidupan Pribadi Kita

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang yang bergumam, yang suaranya gemetar, tenang, dan penyampaiannya umumnya tidak berkomitmen? Ini tidak harus tatap muka. Sungguh menakjubkan betapa kami mendeteksi dan menangkap suara orang bahkan di telepon.

Anda mungkin tidak selalu mendengarnya, tetapi otak kita dapat mendeteksi ketidakteraturan terkecil dalam suara seseorang. Dari kebohongan, kurangnya keyakinan, ketakutan, penghindaran atau ketidaktulusan, dan kita tidak selalu bisa menebaknya.

Inilah saat-saat ketika kita percaya bahwa kita memiliki indra keenam, bahwa ada sesuatu yang tidak beres atau tidak sesuai.

Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri Dalam Berkomunikasi

Ini semua tentang belajar untuk merasa lebih percaya diri pada diri kita sendiri secara umum, yang akan membantu komunikasi Anda dengan orang lain. Tetapi ada beberapa hal khusus yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri saat berkomunikasi.

Salah satu hal terbaik yang dapat saya katakan kepada Anda adalah mendengarkan dengan seksama ketika seseorang berbicara kepada Anda, memberikan perhatian penuh Anda pada semua yang mereka katakan. Hanya dengan begitu Anda dapat benar-benar menanggapi dan melakukan percakapan dengan jujur ​​dan tanpa pamrih.

Terlalu sering kita menggunakan waktu ketika orang lain berbicara untuk memikirkan apa yang ingin KITA katakan selanjutnya, daripada memberi mereka perhatian penuh kita. Tunjukkan minat yang tulus dan tindak lanjuti dengan pertanyaan tentang apa yang baru saja mereka katakan.

Bagaimana Anda Membangun Keyakinan Dalam Keterampilan Komunikasi?

Percaya bahwa Anda memiliki nilai dan Anda tidak kalah penting dari teman atau kolega Anda.

Practice makes perfect

seperti yang selalu dikatakan Ronaldo, “practice makes perfect”. Kita semua harus menghadapi ketakutan kita secara langsung jika kita ingin mengatasinya. Tidak ada cara lain dan tidak ada persiapan yang akan menghilangkan semua rasa takut. Pada titik tertentu, kita hanya perlu melakukannya dan melakukan cukup sampai kita terbiasa berkomunikasi dengan orang-orang secara teratur.

Itu sama dengan keterampilan apa pun. Setelah kami menemukan informasi awal, ini semua tentang pengulangan dan pada waktunya Anda akan menjadi komunikator yang baik.

Sumber: excellencexl    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.