Stevia, Tanaman Pemanis Pengganti Gula Ternyata Miliki Manfaat Lain

oleh -91 views
Stevia, tanaman penghasil pengganti gula

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sobat yang mempunyai diabetes pasti kalian tidak asing dengan Stevia. Yup, tanaman pengganti pemanis buatan yang alami dan menyehatkan. Namun, tahukah sobat jika tanaman yang satu ini memiliki kegunaan lain sebagai pemanis alami. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak penjelasannya. (tezz)

Stevia spesies tanaman dari keluarga bunga matahari. Tanaman Ini umumnya dikenal sebagai candyleaf, sweetleaf atau sugarleaf.

Asal Stevia

Stevia merupakan tanaman asli abadi di beberapa bagian Brasil dan Paraguay yang memiliki lingkungan lembab dan basah. Dan perkebunan di negara tersebut dalam mengola stevi cukup baik.

Morfologi Tanaman ini

Stevia sendiri merupakan tanaman musiman kecil yang tumbuh hingga ketinggian 30–60 cm. Memiliki daun memanjang yang tumbuh di sepanjang batang dan berbaris satu sama lain. Bunga yang berwana ungu dan setengah kuncup tersebut biasanya dipangkas untuk meningkatkan rasa daun.

Stevia sebagai bahan pemanis alami

Perlu di ketahui yah sobat, Stevia ini di tanam secara luas untuk diambil daunnya. Dari mana ekstraknya dapat di produksi sebagai produk pemanis yang secara umum di kenal sebagai stevia dan di jual dengan berbagai nama dagang dan di ekspor ke berbagai negeri.

Senyawa kimia dalam tanaman ini menghasilkan rasa manis yang bermacam-macam seperti glikosida steviol (terutama steviosida dan rebaudiosida), yang memiliki tingkat kemanisan 200–300 kali lebih manis dari gula. Daunnya mengandung 9,1% stevioside dan 3,8% rebaudioside A.

Manfaat Stevia

Aman untuk penderita diabetes

Penggunaan stevia sebagai pemanis tidak menunjukkan  perubahan yang signifikan pada kadar glukosa darah dan respon insulin. Ini adalah solusi bagi penderita kencing manis untuk tetap makan.

Faktanya, salah satu penelitian menemukan bahwa tanaman ini menginduksi penurunan kadar gula darah dan respons glukagon pada pasien yang terkena tipe 2.

Menurunkan kolesterol

Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi stevia selama sebulan mampu menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan kolesterol baik. Candyleaf juga tidak menunjukkan efek samping pada partisipan yang di uji.

Menurunkan berat badan

Stevia hampir tidak mengandung kalori sama sekali. Mengganti pemanis dengan ]tanaman ini pada orang yang sedang berdiet mampu menurunkan asupan kalori tanpa mengorbankan rasa makanan.

Mencegah kanker

Stevia mampu mencegah berbagai kanker karena mengandung antioksidan tinggi. Sebuah studi menyebutkan risiko terkena kanker pankreas menurun hingga 23% setelah mengonsumsinya.

Bahkan studi lain menyebutkan bahwa bisa meningkatkan kematian sel kanker dan bersifat toksik pada beberapa jenis kanker. Di antaranya kanker payudara, leukimia, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Membantu kesehatan gigi

Manfaat lain dari daunnya adalah  membantu  menjaga kesehatan gigi. Mempunyai rendah kalori dan tidak akan melukai gigi sobat. Oleh karena itu, pemanis dari tanaman ini tidak meninggalkan banyak makanan karena bakteri yang ada di gigi dan mengurangi risiko kerusakan gigi. Terbuat dari

Pemanis alami  ini  aman untuk semua orang. Cocok untuk anak-anak, orang tua, penderita diabetes, ibu hamil dan ibu menyusui.

Sumber : orami.co.id & kompas.com

Baca juga : Komprei, Tanaman Berbunga Mungil Kaya Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.