Sudah Kenalkah Kamu Dengan Ikan Pari Air Tawar?

oleh -248 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sudah kenalkah kamu dengan ikan pari air tawar? Nah sobat zetizen banyak yang menyangka jika ikan pari hidup di lautan saja. Tapi tahu kah kamu ikan pari juga banyak yang hidup di air tawar. (ree)

Ikan pari air tawar atau disebut dengan nama inggrisnya freshwater stingray ini sangatlah populer baru-baru ini dan dijadikan sebagai ikan hias. Ikan pari air tawar stingray merupakan salah satu ikan air tawar yang eksotis pula.

Baca juga: Mengenal Ikan Lepu Ayam, Si Cantik yang Mematikan

Ikan pari air tawar merupakan ikan jenis predator yang memiliki satu atau lebih sengatan berduri yang berasal dari kulitnya di bagian ekor. Kemudian bagian dari ikan yang sering disebut freshwater stingray itu untuk melindungi diri. Kendati berstatus sebagai predator, daya tarik ikan hias ini tetap besar karena keindahan motif tubuhnya. Panjang maksimal ikan ini bisa sampai 35cm.

Ikan pari air tawar berasal dari perairan sungai tropis dan subtropis di bagian Amerika Selatan mulai dari Karibia sampai Argentina. Makanan ikan pari air tawar ialah bisa dengan udang segar, ikan kecil hidup maupun ikan segar. Sebaiknya ikan pari diberikan pakan yang tenggelam agar memudahkan mereka. Ikan tersebut merupaka ikan tipe bawah, sehingga bisa membersihkan sisa-sisa makanan di area bawah akuarium. Meski harganya cukup membuat dompet menderita, namun ikan Pari air tawar sangat cocok untuk teman ikan Arwana.

Berbagai Macam Jenis Ikan Pari Air Tawar freshwater stingray

Ikan Pari Motoro
  • Ikan pari motoro, ikan pari motoro mempunyai berbagai jenis seperti pari motoro royal marble, pari motoro albino dan-lain-lain. Harganya tentu lebih mahal daripada ikan pari motoro jenis biasa dikarenakan masih sangat jarang ditemui.
  • Ikan pari pure black diamond bisa juga disebut xingu stingray merupakan ikan air tawar yang mempunyai warna dasar hitam serta totol polkadot putih ditubuhnya. Ikan pari ini mempunyai harga jual yang cukup mahal. Pure black diamond stingray ini berasal dari sungai xingu di Brazil.
Ikan Pari Stingray Flower
  • Ikan stingray flower ini sesuai namanya ialah ikan pari yang mempunyai motif seperti bunga kalau di lihat sekilas bahkan menyerupai batik. Flower stingray dapat tumbuh hingga 24 inch. Flower stingray juga masih sangat langka di Indonesia dan harganya masih sangat tinggi.
Ikan Pari Galaxy
  • Ikan pari galaxy ini hampir mirip dengan ikan pari pure black diamond hanya saja motif dari ikan pari galaxy ini menyerupai bintang di galaxy.

Bagaimana, apakah kamu ingin memelihara ikan yang satu ini???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.