8 Jenis Kecerdasan Pada Anak

oleh -75 views
Photo by RODNAE Productions from Pexels

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kecerdasan adalah anugrah yang telah tuhan berikan kepada setiap manusia. Mulai dari usia anak-anak hingga para orang tua semua memiliki akal untuk berpikir. (Robi)

Namun ada beberapa hal yang kurang diketahui oleh banyak orang bahwasanya walaupun anak-anak cenderung masih polos pemikirannya ternyata anak-anak memiliki beberapa tipe kepintaran loh. Berikut 8 jenis kecerdasan pada yang wajib orang tua ketahui.

Kecerdasan verbal-linguistik.

Kecerdasan verbal-linguistik merupakan kemampuan yang individu miliki dalam berpikir dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulisan serta menciptakan sesuatu melalui bahasa tersebut.

Kecerdasan logis-matematis.

Kepandaian logika matematika (math-logical intellegence) adalah kemampuan mengenal warna dan bentuk secara efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola angka serta menggunakan logika atau akal sehat.

Kecerdasan spasial-visual.

Kecerdasan visual spasial melibatkan kemampuan untuk mengingat gambar dengan detail, visualisasi, dan juga sadar betul akan apa yang terjadi di sekitar. Bagi sang Buah hati yang memiliki kemampuan ini, mereka akan peka terhadap unsur garis, warna, bentuk, ruang dan hubungannya.

Kepandaian kinestetik-jasmani.

Kepandaian kinestetik adalah kemampuan anak menggunakan ketangkasan tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan menggunakan keterampilan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu.

Baca Juga : Fatherless! Pentingnya Ayah Bagi Anak Perempuan

Kecerdasan musikal.

Dari Sub judulnya kita sudah dapat menebak apa itu kecerdasan musikal. Yup tentu saja kecerdasan musikal adalah kepintaran yang berkaitan dengan musik.

Kepintaran musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kepintaran ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Kepintaran intrapersonal.

kepintaran intrapersonal adalah kemampuan anak untuk memahami emosinya, dapat memotivasi mereka sendiri, dan percaya diri. Anak juga dapat berpikir positif, mandiri, dan sangat fasih dalam merefleksikan hidupnya sendiri.

Kepandaian interpersonal.

Kepandaian interpersonal adalah kemampuan dalam memahami emosi, tujuan dan motivasi dari sebuah tindakan yang akan orang lain perbuat. Hal itu menandakan bahwa Anak-anak yang memiliki kepintaran interpersonal seolah peka terhadap ekspresi wajah, suara hingga gerakan tubuh lawan bicaranya.

Kepintaran naturalis.

Kepandaian naturalis adalah kemampuan anak untuk mengenali dan mengelompokkan berbagai hal di lingkungan di sekitarnya. Dengan itu menandakan bahwa Ia juga tertarik dengan hal-hal yang terjadi di alam semesta, misalnya bulan purnama, gerhana matahari, air laut pasang, dan lainnya. Ini adalah kemampuan anak untuk mencintai lingkungan dan makhluk hidup.

Source : Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *