Tips Ambis Belajar, Bangun Lebih Pagi

oleh -127 views
source pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belajar bukan hanya kewajiban bagi seorang pelajar, tapi bagi setiap orang. Belajar bisa kamu lakukan di mana pun, kapan pun, dan dengan siapa pun. Berikut tips ambis belajar yang efektif dan dapat mendorong kegiatan belajarmu semakin baik. (stna)

Bangun lebih pagi

Tips ambis belajar efektif yang pertama yaitu mulailah tidur lebih awal agar kamu dapat bangun lebih pagi, yaitu sekitar jam 9 sampai 10 malam. Gunakan alarm jika kamu tipe orang yang sulit bangun lebih pagi.

Mulailah punya rasa ingin tahu

Cobalah untuk menyukai mata pelajaran yang akan di pelajari, maka belajar akan lebih efektif. Lalu, cobalah buat pertanyaan sesuai dengan materi yang akan di pelajari dan jawablah dengan bahasamu sendiri.

Mempelajari materi sebelum kelas dimulai

Biasanya bapak ibu dosen atau guru akan memberikan informasi mengenai topik pembelajaran yang akan di bahas pada pertemuan selanjutnya. Atau kalau materinya sudah di berikan, kamu bisa membaca dan memahami terlebih dahulu materi tersebut. Sedangkan apabila materi belum di bagikan, kamu bisa mencari tahu tentang materi tersebut, manfaatkan saja internet. Setelah kamu selesai membaca dan memahami, kamu dapat mencari materi mana saja yang kurang kamu pahami. Sehingga saat kelas dimulai, kamu bisa langsung bertanya dan berdiskusi pada dosen atau gurunya.

Atur waktu kapan harus belajar dan kapan boleh bermain

Buatlah jadwal yang akan kamu lakukan, lalu buatlah batas maksimal belajar dan bermain, pasanglah alarm agar tepat waktu dan agar kamu terbiasa.

Baca juga: 8 Motivasi Belajar Buat Kamu yang Jenuh PJJ

Menemukan pola belajar yang tepat

Pola belajar yang tepat adalah pola belajar dimana kamu dapat dengan mudah menyerap materi yang kamu pelajari. Kamu bisa menentukan sendiri pola belajar yang efektif untuk kamu. Pola belajar yang efektif ini akan membuat kamu lebih mudah dan lebih cepat menyerap materi dan tidak perlu begadang. Misalnya sambil mendengarkan lagu dan dalam suasana yang tenang.

Rajin membaca buku

Baca buku yang bermanfaat apapun itu tidak harus buku pelajaran, akan lebih baik bacalah buku sesuai dengan pelajaran yang akan kamu pelajari. 

Isi liburan dengan belajar

Follow akun-akun yang mendukungmu untuk aktivitas belajar, buatlah akun khusus belajarmu dan buatlah file catatan, dan cari info tentang perlombaan, lalu kamu bisa mencoba untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Tidur cukup

Point utama dari semua kegiatan di atas adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Banyak orang mengira bahwa  memiliki waktu tidur sedikit adalah salah satu bentuk produktivitas, tapi sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Orang yang memiliki waktu tidur cukup akan lebih stabil dan fresh baik dalam mental, fisik, dan pikiran. Hal tersebut akan membuat kamu lebih semangat mengawali hari untuk mengikuti kelas dan materi-materi berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.