Tips Memilih Tempat Curhat

oleh -61 views
ceratai.padangkita.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Curhat adalah singkatan dari curahan hati. Dari dua kata tersebut, bisa kita simpulkan curhat berarti mengeluarkan atau mencurahkan isi hati, perasaan, atau mungkin pikiran. Curhat dalam istilah psikologi dikenal sebagai ventilasi. Maksud dari ventilasi yaitu untuk membantu mengeluarkan perasaan dari dalam diri dan membantu untuk memprosesnya. Kalau dalam konseling atau psikoterapi, ventilasi ini adalah salah satu sesi untuk mengekspresikan perasaan atau emosi klien dengan bebas. Berikut tips memilih tempat curhat agar aman dan nyaman. (stna)

Kenali siapa yang dapat kamu percaya

Pilihlah pendengar yang bisa kamu percaya dan menghormati privasimu. Kamu mungkin punya teman dekat, tapi tidak semua teman dekat bisa jadi tempat curhat yang memiliki kemampuan mendengarkan. Untuk itu, kenali dulu siapa di antara mereka yang bisa kamu percaya untuk menumpahkan isi hati dan pikiran agar kamu merasa nyaman dan aman saat curhat.

Pilihlah pendengar yang tidak suka adu nasib

Rasanya pasti kurang nyaman ketika ceritamu harus di potong sama cerita dari temanmu. Apalagi ketika permasalahan kita dianggap tidak lebih berat dibandingkan permasalahannya. Ujung-ujungnya malah jadi adu nasib, alias berlomba-lomba siapa yang punya masalah terberat. Karena itu, penting untuk menemukan teman curhat yang bersedia mendengarkan dan tidak akan memotong sesi curhatmu.

Pilihlah seseorang yang pernah mengalami hal yang sama

Saat curhat ke temanmu yang pernah mengalami hal yang sama denganmu, kamu akan merasa nyaman dan tidak merasa sendirian. Pengalaman-pengalaman mereka pas menghadapi hal itu juga bisa memberi kamu sudut pandang yang baru sehingga kamu bisa lebih semangat dalam mengatasi masalahmu.

Tempat curhat yang bisa kamu coba

Kalau kamu merasa sulit untuk mencari tempat curhat yang aman dan nyaman di sekitarmu, mungkin kamu bisa coba untuk curhat ke orang-orang yang sudah professional kayak psikolog atau mentor.

Psikolog dan mentor merupakan seseorang yang memiliki keahlian untuk membantu kamu memahami dan memproses masalah yang sedang kamu hadapi. Mereka juga akan membantu kamu untuk lebih berdaya atas dirimu sendiri dan tidak bergantung sama orang lain.

Baca juga: Teman Suka Curhat? Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *