Mengenal Unsur Visual Seni Melukis

oleh -216 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Dilihat dari pengertian tersebut ternyata melukis juga memiliki dasar. (RF17)

Tahukah kamu bahwasanya dalam seni lukis adalah Unsur-unsur visual yang wajib kita ketahui. Terkadang sebelum kita belajar langsung untuk melukis sebuah objek, kita harus mengetahui beberapa unsur-unsur dasar dari seni lukis. Menurut anggapan tekniknya melukis adalah unsur visual yang telah pelukis buat.

Penasaran dengan isi dari unsur seni lukis? Simak penjelasan berikut ini

1.Titik

Titik adalah sebuah bulatan kecil yang menjadi unsur yang paling mendasar. Saking mendasarnya, hampir semua pelukis memulai lukisannya dengan titik. Bahkan ada yang hanya menggunakan titik untuk menghasilkan sebuah lukisan atau biasa kita sebut dengan Tehnik Pointilis.

2. Garis

Garis menjadi unsur kedua setelah titik. Garis terbentuk dari kumpulan titik-titik yang beraturan dan berkesinambungan serta memanjang ke dua arah. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang. Unsur ini sering kita pakai untuk menjadi pembatas antara beberapa jenis atau bentuk gambar.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur selanjutnya yang tidak hanya berbentuk dua dimensi dan menggabungkan titik. Namun bidang sudah menggunakan lebih dari dua sisi dan membentuk sebuah ruang yang tidak hidup. Dalam matematika, sebuah bidang adalah permukaan datar dan dua dimensi.  Sebuah bidang adalah analog dua dimensi dari titik, garis dan ruang. Bidang dapat muncul sebagai subruang dari ruang dimensi yang lebih tinggi, misalnya dinding ruangan, atau berdiri sendiri seperti pada geometri Euklides.

4.  Ruang

Ruang berasal dari bahasa latin, spatium atau dalam bahasa Inggris spatial. Ruang memiliki arti sebagai tempat di mana terdapat benda-benda terletak sebagai wadah. Ruang ini merupakan unsur tertinggi dari pelukisan secara teknik tanpa melibatkan tambahan atau ornamen lainnya. Ruang bisa digunakan untuk menggambar berbagai objek secara 3 dimensi dan 4 dimensi.

5. Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Warna, memiliki tiga dasar warna, yaitu merah, kuning, dan biru. Warna memberikan kesan tertentu serta menambah keindahan dan nilai estetika pada lukisan.

6. Tekstur

Tekstur adalah kesan yang muncul dari sebuah lukisan (seperti halus dan kasar).Para pelukis memanfaatkan unsur tekstur untuk variasi, fokus, hingga membentuk kesatuan. Kesemuanya itu bisa terjadi dengan kesengajaan pelukis maupun karena sifat dari media yang dipakai ketika melukis.

Source : ENSIPEDIA

One thought on “Mengenal Unsur Visual Seni Melukis

  1. In school sensual massage women will hold erotic 4hands massage. Similar swedish massage, as in principle, and relaxation, influences on some area human body, this give a chance male gain strength.
    The energy massage inSoho it today skill give away bliss. The Soapy massage – on the influence on clients is meant practically unlimited available opportunities actions on bodily, and consequently, and psychoemotional state of health friends.
    Dear gentlemen!
    Systematically visiting the four hands massage for clients, you guarantee himself excellent sexual relaxation.
    And while, french massage and not violates practically any prohibitions, for the reason it's not about sexual contact.

    Блог Blog Википедия

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.