5 Bahasa Cinta, Kamu yang Mana?

oleh -228 views
thegorbalsla.com

Dalam buku “The 5 Love Languages” oleh Dr. Gary Chapman yang di tulis pada tahun 1995, membahas mengenai 5 bahasa cinta yang di miliki oleh setiap orang. Lima bahasa cinta tersebut menggambarkan cara kita merasa di cintai dan di hargai. (stna)

Hal ini bergantung pada tipe kepribadian masing-masing individu. Terkadang kita mungkin merasa di cintai secara berbeda dari pasangan kita. Dengan memahami dan memecahkan kode dari cara seseorang menunjukkan cinta ke pasangannya ini akan membantu menghilangkan negative thinking atau harapan yang berlebih kepada pasanganmu.

Berikut 5 bahasa cinta atau kasih menurut Dr. Gary Chapman.

1. Kata-Kata Afirmasi atau Penegasan

Bahasa cinta Word of Affirmation yaitu mengungkapkan cinta dengan kata-kata yang membangun. Pujian verbal yang kita ungkapkan tidak harus rumit. Walaupun hanya pujian sederhana bisa menjadi hal yang paling efektif.

“Gaun itu sangat cocok ketika kamu kenakan!”

“Kamu selalu membuatku tertawa.”

“Aku suka rambutmu hari ini.”

Kata-kata sangat berarti jika pasanganmu memiliki bahasa cinta ini. Pujian dan kalimat “Aku mencintaimu” bisa sangat bermanfaat untuk menambah keharmonisan pasangan. Di sisi lain, komentar negatif atau menghina bisa menyakiti pasanganmu dan biasanya akan butuh waktu lebih lama untuk memaafkannya daripada yang lain.

2. Tindakan Layanan

Pasangan kamu mungkin memiliki bahasa cinta Act of Service jika moto mereka adalah “Actions speak louder than words.” Bahasa cinta ini mengekspresikan dirinya dengan melakukan hal-hal yang di sukai oleh pasanganmu, misalnya memasak makanan, mencuci pakaian, atau berbelanja di supermarket.

Mereka membutuhkan pemikiran, waktu, dan usaha dari pasangannya. Semua hal ini harus kamu lakukan secara tulus ikhlas kepada pasangan, bukan secara terpaksa. Mereka akan berfikir bahwa ini merupakan bagian dari ekspresi cinta dari kamu.

Baca juga: Putus sama Pasangan? 5 Makanan Ini Cocok Buatmu

3. Menerima Hadiah

Bahasa cinta ini belum tentu sesuatu yang materialistis. Hadiahnya bisa berarti sesuatu yang bermakna atau bijaksana sehingga membuat pasanganmu merasa di cintai dan di hargai. Sesuatu yang sederhana ini misalnya memberikan es krim favorit mereka setelah mereka lelah bekerja seharian. Hal ini dapat membuat dampak yang besar untuk hubungan kamu. Bahasa cinta ini sedikit berbeda dengan Act of Service, dimana kamu menunjukkan kasih sayang dengan melakukan tindakan untuk membantu pasanganmu.

4. Waktu yang Berkualitas

Melakukan berbagai kegiatan bersama, baik antar pasangan, maupun anak bersama orangtuanya, serta meluangkan waktu bersama yang berkualitas sangat dibutuhkan tipe individu ini. Misalnya, menikmati waktu berpiknik, menonton bersama, membersihkan rumah bersama-sama dan kegiatan lainnya yang dilakukan guna menciptakan momen spesial.

5. Sentuhan

Individu dengan Love Language Phycisal Touch ini membutuhkan sentuhan fisik, seperti misalnya pelukan, belaian atau berpegangan tangan. Bagi mereka, sentuhan fisik dapat berbicara lebih ‘dalam’. Tentu saja yang dimaksud sentuhan fisik ini adalah sentuhan yang sopan dan tepat pada waktunya. Seperti misalnya, anak-anak seringkali akan merasa nyaman dan damai ketika orang tua mengusap-usap rambutnya atau diberikan pelukan sebagai tanda kasih sayang serta penerimaan mereka.

Nah, itulah 5 bahasa cinta atau kasih yang perlu kamu ketahui. Saat kamu mengenal bahasa kasih yang dimiliki, kamu akan belajar cara menghargai diri sendiri. Bahasa kasih tidak hanya penting untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, tetapi hal ini dapat membantumu menjalin relasi yang lebih baik dengan orang lain, pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *