7 Cara Mencerahkan Kulit Selangkangan yang Hitam

oleh -38 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Diskolorasi atau perbedaan warna pada kulit tubuh tak hanya terjadi di wajah. Namun juga pada bagian tubuh yang tersembunyi, seperti selangkangan atau paha atas. Selangkangan yang gelap kerap menjadi masalah kulit yang sering dialami oleh para perempuan. Hal ini terjadi karena kulit bagian paha dalam memproduksi lebih banyak melanin. Ini terjadi ketika kulit Ini kemudian disebut dengan hiperpigmentasi.

Ada banyak macam hal yang menjadi penyebab selangkangan hitam. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Berikut beberapa cara mencerahkan kulit selangkangan yang gelap.

1. Minyak Kelapa dan Perasan Air Lemon

Lemon yang kaya akan vitamin C dapat membantu melawan hiperpigmentasi. Sedangkan minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembab yang membantu membuat paha tetap lembut dan kenyal. Kombinasi keduanya dapat merawat kulit selangkangan yang hitam.

Caranya, campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan air perasan setengah lemon. Kemudian, gosokkan campuran bahan itu ke area yang gelap dan pijat selama 10 menit atau lebih. Terakhir, basuh area tersebut hingga bersih.

2. Sugar Scrub

Sugar scrub dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Nah, perawatan eksfoliasi ini dapat mengatasi kulit hitam yang disebabkan penumpukan kulit mati.

Bagaimana membuatnya? Campurkan perasan lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Kemudian, gosokkan campuran bahan scrub itu ke bagian yang gelap, dan basuh sampai bersih.

3. Oatmeal Yoghurt Scrub

Selain lezat dan sehat, Oatmeal bermanfaat untuk melawan eksema atau kondisi inflamasi kulit lainnya. Bahan makanan ini juga dapat bekerja sebagai eksfolian yang lebih lembut dari gula. Di sisi lain, yogurt mengandung lactic acid yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Keduanya dapat menjadi bahan perawatan alami untuk mengatasi kulit selangkangan yang hitam.

Caranya, buat adonan dengan perbandingan 1:1 oatmeal dan yogurt. Kemudian, aplikasikan adonan itu ke area yang ingin dicerahkan, gosokkan secara lembut. Terakhir, basuh sampai bersih.

4. Baking soda dan air

Bahan membuat kue baking soda dapat membantu mencerahkan dan mengeksfoliasi kulitmu. Namun, ini harus kamu gunakan secara hati-hati. Sebab, baking soda bisa jadi terlalu ‘keras’ untuk kulitmu. Bahan tersebut dapat membuat iritasi dan menambah buruk kondisi kulit.

Namun jika tetap ingin mencobanya, buatlah donan menggunakan baking soda dan air dengan perbandingan jumlah kedua bahan sama rata. Selanjutnya, aplikasikan adonan secara tipis-tipis pada kulit selangkangan yang hitam. Diamkan sekitar 15 menit, dan bilas sampai bersih.

5. Aloe vera

Tanaman ini dapat meredakan kulit yang iritasi. Selain itu, Aloe juga mengandung aloin, yang berpotensi bekerja sebagai pencerah kulit.

Aplikasikan aloe vera gel atau produk berbahan dasar aloe vera sebagai lotion ke bagian kulit yang hitam. Kemudian biarkan sampai meresap ke dalam.

6. Kentang

Kentang mengandung catecholase, enzim yang dapat mencerahkan kulit. Ini menyebabkan banyak orang yang percaya jika kentang dapat menjadi salah satu perawatan untuk mencerahkan selangkangan hitam.

Caranya, iris kentang dan gosokkan irisan itu pada area yang hitam selama 15 menit atau lebih. Setelah selesai, bilas area itu sampai bersih.

7. Perawatan Dokter

Jika perawatan dengan bahan alami maupun produk bebas tanpa resep kurang ampuh mengatasi selangkangan hitam, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Kamu dapat menemui dermatologis untuk menanyakan perawatan yang tepat demi mengatasi selangkangan yang gelap.

Dokter dapat memberikan rekomendasi perawatan untukmu. Beberapa di antaranya perawatan hydroquinone, perawatan retinoid, dan perawatan laser.

Sampai detik ini, selangkangan gelap tak sampai berbahaya hingga mengganggu kesehatan kulit. Namun tentu saja, ini cukup mengganggu penampilan, bukan? Pilih perawatan yang tepat untuk mengatasi selangkangan hitam, ya girls. Kemudian, lakukan dengan rutin sehingga kulit sekitar selangkangan menjadi lebih cerah.

Semoga bermaanfaat, girls! (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.