Abad Pertengahan, Masa Ketika Dunia Mulai Berubah

oleh -82 views
Abad Pertengahan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Abad Pertengahan, adalah sebuah istilah yang di perkenalkan oleh para cendekiawan zaman renaisans dengan kurun waktu 350-1450 M. (angga)

Mengapa di sebut pertengahan?

Sebab, pada zaman itu berada di antara Abad Klasik dan Abad Renaisans. Era ini amat panjang, sehingga para cendekia membaginya menjadi 3 (tiga) fase.

Tiga fase tersebut yakni 350-1050 Masehi, kemudian 1050-1300 Masehi, dan 1300-1450 Masehi. Setiap fase pada zaman ini tentunya memiliki sejarah, dan kejadian penting-nya masing masing sob.

Baca Juga :

Abad Pertengahan
ILUSTRASI ABAD PERTENGAHAN

Sejarah pada masa ini diawali dengan goyahnya Kekaisaran Romawi. Setelah menguasai Eropa selama 1000 tahun, Kekaisaran Romawi akhirnya terbagi menjadi dua, Kekaisaran Romawi Barat, dan Kekaisaran Romawi Timur.

Berkembangnya dua agama besar di dunia, yaitu Kristen dan Islam juga menjadi salah satu penyebab jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Agama Kristen berkembang di daerah Barat, dan Agama Islam berkembang di Jazirah Arab. Tidak hanya Kerajaan Romawi, kehadiran dua agama ini sangat berpengaruh untuk seluruh dunia.

Kehadiran dua Agama tersebut telah memengaruhi perkembangan dunia secara keseluruhan, bahkan hingga saat ini. Penyebaran agama juga berkembang dan menjadi salah satu faktor atas penyebaran wilayah suatu kerajaan.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.