Apa Miskin itu Privilege? Berikut Ini Tipe-Tipenya

oleh -140 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Percakapan seputar privilege bisa jadi rumit. Namun dari semua pendapat orang tentang hal ini, Indra Kenz adalah satu-satunya orang yang berpendapat bahwa kelahiran miskin adalah privilege. Kita semua adalah hal yang konyol. Tapi, tidak ada kata tapi lagi, memang itu adalah hal yang konyol. (herdi)

Dia beranggapan dengan lahir di keluarga miskin, kita bisa terus maju dan tidak ada yang salah bila jatuh gagal. Dan sebaliknya apabila kita terlahir di keluarga yang kaya, kita di tuntut untuk jadi kaya. Daripada mencerna pendapat yang bodoh itu, lebih baik kita mencari tahu apa saja yang termasuk dalam keistimewaan agar kita bisa memanfaatkan hal itu dengan sebaik-baiknya.

Privilege White Passing

Keistimewaan kelulusan putih adalah ketika warna kulit Anda cukup putih untuk Anda anggap putih terlepas dari riasan ras Anda yang sebenarnya. Ini adalah komponen dari colorism, di mana BIPOC yang berkulit lebih terang diperlakukan secara berbeda dari mereka yang berkulit lebih gelap. Orang kulit putih yang lewat biasanya tidak memiliki prasangka yang sama dengan mereka yang berkulit lebih gelap dan lebih kaya melanin.

privilege gender

Menjadi laki-laki juga merupakan privilege global, dan beberapa negara secara khusus dirancang sebagai patriarki, alias sistem pemerintahan di mana laki-laki memegang kekuasaan dan perempuan dikeluarkan darinya, untuk melembagakan keunggulan ini. Jika Anda seorang cis man, Anda mendapat manfaat dari pengaturan ini dalam banyak cara yang tidak terlihat. Keistimewaan lewat laki-laki juga ada. Jika Anda seorang transman yang lulus sebagai cis man, Anda mungkin berhak atas hak yang sama.

Privilege heteroseksual

Secara global, heteroseksualitas adalah keistimewaan. Ini berarti bahwa Anda mendapat manfaat dari mengidentifikasi sebagai lurus dan tidak akan menghadapi diskriminasi atau ancaman yang sama terhadap keselamatan Anda sebagai akibat dari seksualitas Anda. Ini juga bisa berarti bahwa Anda memiliki lebih banyak hak. Lebih khusus lagi, privilege heteroseksual dapat berarti Anda tidak perlu takut orang lain mengetahui tentang orientasi seksual And. Bahwa Anda dapat berpegangan tangan dengan pasangan romantis Anda tanpa di cemooh, di ejek, atau di ancam. Dan bahwa Anda tidak di identifikasi sebagai menyimpang atau rusak. karena siapa Anda tertarik, di antara banyak hal lainnya.

Privilege sosial ekonomi

Keistimewaan sosial ekonomi, atau kelas, berkaitan dengan keamanan finansial. Ini di navigasi dan dit ampilkan ketika Anda tidak perlu khawatir tentang memenuhi kebutuhan (misalnya makanan dan tempat tinggal), Anda tidak memiliki beban hutang, Anda memiliki kendali atas waktu Anda, Anda hanya dapat di ekspos kepada orang lain dengan keistimewaan yang sama, Anda dapat membeli perawatan kesehatan fisik dan mental yang baik, dan banyak lagi.

Agama

Agama adalah hal yang kita bawa sejak kita lahir. Saya sebagai muslim percaya bahwa semua orang yang terlahir ke dunia ini dengan membawa agama Islam dan itu adalah salah satu hal yang perlu di syukuri. Dari hal ini juga banyak tanggal merah yang perlu di perhatikan agar bisa menjalankan ibadah dengan tanpa hambatan.

Dari semua jenis di atas, sudah jelas apabila terlahir miskin bukanlah sebuah privilege, dari awal kita lahir tidak ingin menjadi miskin.

Sumber: Wellandgood

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.