Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

oleh -168 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berkenalan dengan ikan pari manta. Hewan penuh kharisma ini ternyata memang punya keunikan dan keunggulan di banding hewan laut lainnya. Selain daya jelajah yang jauh juga memiliki bentuk bentuk yang besar. (ree)

Sosoknya selalu di cari oleh para penyelam, untuk dinikmati atau bahkan mengabadikan keindahannya. Ikan pari Hantu, atau biasa di kenal dengan Pari Manta, nama ikannya. Ikan pari merupakan saudara dekat dari ikan bertulang rawan, seperti hiu. Nah, ikan pari manta ini merupakan spesies pari terbesar. Lebar tubuhnya bisa sampai 9 meter lho.

Baca juga: Hiu Karpet Berbintik, Hewan Endemik Indonesia

Indonesia adalah rumah bagi dua dari enam jenis pari manta yang ada di dunia, yaitu pari manta karang Manta alfredi dan pari manta oseanik Manta birostris. Manta karang dapat mencapai lebar tubuh hingga 5 meter, sedangkan manta oseanik jauh lebih besar lagi, dengan lebar tubuh termasuk bentang sayap dapat menyentuh 9 meter. Manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia Terutama di sekitar terumbu karang dan bagian kerak benua. Ikan ini juga tinggal di Indonesia, wilayah yang ditinggali banyak ikan pari manta ada Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Pari manta juga bukan merupakan pari yang beracun, ekornya tidak mempunyai sengat seperti kebanyakan ikan pari lainnya. Tidak seperti kerabat terdekatnya, hiu, pari manta tidak benar-benar memiliki gigi dan sebagai gantinya mereka menyaring plankton dengan cara melewatkan plankton tersebut melalui deretan lempengan-lempengan tipis di mulut mereka, yang berfungsi sebagai corong saat mereka berenang.

Pari manta merupakan hewan dengan laju pertumbuhan sangat lambat dan memiliki rentang hidup panjang, bisa mencapai 40 tahun dan tingkat usia kedewasaan di rentang 6-15 tahun.

Baca Lainnya:

Berkenalan Dengan Tikus Hidung Bintang

Berkenalan Dengan Kucing Mini Asal Amerika Selatan

Paus Orca Sang “Pembunuh” di Tujuh Lautan

2 thoughts on “Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.