Berkenalan Dengan Kucing Mini Asal Amerika Selatan

oleh -167 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berkenalan dengan kucing mini asal Amerika Selatan. Sobat Zetizen pernahkah kamu melihat kucing yang mirip dengan macan tutul, tapi dengan postur tubuh yang lebih kecil? Nah, itu adalah kucing ocelot. Untuk mengetahui lebih jauh, yuk kenalan dengan ocelot si macan tutul kurcaci itu. (ree)

Ocelot atau Leopardus pardalis merupakan kucing liar yang tersebar luas di daerah Amerika Selatan termasuk kepulauan Trinidad, Margarita, Amerika Tengah, dan Meksiko. Karena mirip dengan macan tutul dengan tubuh yang lebih kecil, maka ia disebut juga dengan macan tutul kurcaci.

Baca juga: Mengenal Otter Hewan Peliharaan yang Eksotis

Ocelot berpenampilan sangat mirip dengan kucing domestik atau kucing rumah. Ocelot menjadi salah satu hewan dengan mantel bulu terindah. Mereka memiliki bulu pendek halus berwarna keemasan di seluruh tubuh dengan pola totol yang berbeda-beda pada tiap individu. Totol khas ini membuat mereka menyerupai saudaranya yang lebih besar, yaitu macan tutul. Karena keindahan bulunya, ocelot sering jadi target perburuan ilegal.

Mereka dikenal memiliki bulu lembut bercorak indah yang kerap membuatnya banyak diburu secara ilegal. Karena kemiripannya dengan macan tutul.

Ocelot merupakan karnivor yang memangsa banyak hewan-hewan kecil, seperti tikus, kelinci, ikan, kepiting, burung, kadal, armadillo, sampai rusa kecil. Penglihatan dan pendengaran super tajam membantu ocelot memangsa buruannya dengan mudah. Mereka juga pintar memanjat dan berenang. Kucing satu ini sama sekali gak takut air.

Di alam liar, ocelot agak sulit ditemukan. Umumnya mereka aktif di malam hari dan sangat penyendiri. Mereka lebih suka tinggal di area dengan rerumputan yang tinggi dan banyak pepohonan di mana ocelot bisa bersembunyi. Mereka tidak bisa bertahan hidup di area terbuka minim tempat persembunyian.

Biarpun predator, ocelot menjadi mangsa predator yang lebih besar seperti singa gunung, jaguar, ular anakonda, dan lain sebagainya.

One thought on “Berkenalan Dengan Kucing Mini Asal Amerika Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.