Berkenalan Dengan Tikus Hidung Bintang

oleh -306 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berkenalan dengan tikus hidung bintang. Tikus hidung bintang terbilang asing di telinga orang kebanyakan. Hewan ini rupanya menjadi spesies tikus mondok yang lain dari pada yang lain. (ree)

Tikus mondok hidung bintang Condylura Cristata merupakan salah satu hewan dengan bentuk paling aneh di dunia. Mole adalah sebutan lain untuk tikus tanah. Mole berhidung bintang adalah tikus tanah berbulu tebal berwarna cokelat kehitaman. Bulunya kedap air. Binatang ini berkaki besar dengan kuku yang tajam dan berekor tebal. Kukunya yang tajam berfungsi untuk menggali tanah.

Baca juga: Berkenalan Dengan Kucing Mini Asal Amerika Selatan

Mole dengan hidung bintang atau disebut juga Condylura Cristata ini merupakan hewan mamalia jenis tikus tanah. Ia memiliki habitat berada di seluruh Amerika Utara dan juga Kanada.

Tentakel yang berada di moncongnya ini memiliki 250.000 reseptor sensor. Jadi fungsinya seperti antena. Dengan bantuan tentakel ini, mole berhidung bintang dapat menemukan jalan dan makanan. Perlu di ketahui, penglihatan binatang ini kurang bagus. Malah boleh dibilang binatang ini nyaris buta.

Tikus mondok berburu mangsa dengan membenturkan hidung bintangnya ke tanah secepat mungkin yang dapat menyentuh 10 atau 12 tempat berbeda dalam waktu satu detik.

Tikus hidung bintang merupakan satu-satunya dari 39 spesies tikus mondok yang mampu hidup di rawa-rawa. Mereka adalah perenang yang sangat baik dan bergerak dengan menggunakan kaki serta ekor mereka.

Mole berhidung bintang pandai berenang. Ia bisa mencium bau makanan yang ada di dalam air. Caranya unik. Ia menghembuskan gelembung udara ke air, kemudian ia menghirup kembali gelembung udara itu. Dari situ ia bisa tahu apakah di sekitarnya ada makanan atau tidak.

One thought on “Berkenalan Dengan Tikus Hidung Bintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.